Mengenal Mindful Eating dan Manfaatnya dalam Mencegah Obesitas pada Anak | IndiHome
28 JUN 2021        BLOG

Mengenal Mindful Eating dan Manfaatnya dalam Mencegah Obesitas pada Anak

Mengenal Mindful Eating dan Manfaatnya dalam Mencegah Obesitas pada Anak

Tidak dapat disangkal bahwa sebagian orang sulit mengontrol diri saat melihat hidangan lezat di depan mata. Beberapa di antaranya bahkan berusaha tetap menghabiskan makanan meskipun perut sudah kenyang. Padahal, kebiasaan makan sembarangan bisa menyebabkan obesitas pada anak.

Untuk menghindari tersebut, maka Anda bisa mulai mengajarkan anak menerapkan pola makan mindful eating (konsep makan berlandaskan kesadaran). Dengan mindful eating, maka Anda dituntut untuk lebih memperhatikan jenis dan porsi makanan dan cara menikmati apa yang dikonsumsi.

Apa Itu Mindful Eating?

Belakangan ini, istilah mindful eating semakin populer di masyarakat dengan aktivitas serba terburu-buru. Dilansir dari Harvard.edu, mindful eating merupakan pola makan yang melibatkan kesadaran penuh saat menyantap makanan. Dengan kata lain, memperhatikan makanan yang dilahap.

Tidak hanya itu, mindful eating juga melibatkan emosi ketika merasakan tekstur dan rasa makanan, serta memahami isyarat tubuh yang menerima makanan. Saat menerapkan mindful eating, Anda berkesempatan memahami makanan sehat sehingga bisa mengapresiasi setiap suapan.

Pola makan sembarangan atau tidak sehat memang seolah sudah menjadi kebiasaan bagi sebagian besar orang. Faktor penyebabnya juga beragam, mulai dari kurangnya pemahaman akan pentingnya menjaga pola makan, tidak memiliki kendali menahan hasrat makan, karena mood, dan sebagainya.

Jadi, mengonsumsi makanan bukan hanya disebabkan rasa lapar dan tubuh membutuhkan asupan energi untuk beraktivitas, namun juga karena mindset bahwa makan bisa membantu memberikan kepuasan secara emosional atau meredakan stres yang sedang dialami.

Apabila dibiarkan, hal tersebut bisa menimbulkan berbagai gangguan kesehatan, khususnya secara fisik, contohnya adalah memicu obesitas pada anak dan orang dewasa. Untuk menanggulanginya, maka bisa mulai menerapkan pola makan mindful eating di rumah, dan ajari anak untuk hidup sehat.

Mindful eating bukan hanya membantu menyadari minuman dan makanan yang masuk ke perut. Akan tetapi juga membuat Anda paham bagaimana proses memasak dan menghidangkan makanan untuk mencapai kepuasan. Dengan begitu, kebiasaan makan berlebihan akan menghilang perlahan.

Mengenal Pola Makan Dasar Mindful Eating

Secara umum, pola makan metode mindful eating didasari oleh beberapa hal, seperti berikut ini:

  • Belajar menghargai setiap makanan
  • Konsumsi makanan dengan perlahan
  • Memahami bahwa makan dibutuhkan agar tubuh tetap fit dan sehat
  • Memperhatikan bagaimana efek makanan pada mood
  • Mengatasi rasa bersalah saat mengonsumsi makanan tertentu
  • Mengenali isyarat lapar dan makan secukupnya
  • Makan tanpa gangguan
  • Belajar membedakan pemicu rasa lapar sesungguhnya atau fake hasrat makan semata
  • Lebih menikmati tekstur, warna, aroma, dan rasa minuman atau makanan yang dikonsumsi

Panduan Menerapkan Mindful Eating

Bagi yang selama ini terbiasa makan sembarangan, menerapkan mindful eating tentu tidaklah mudah. Namun, dengan latihan dan ketekunan, maka mindful eating akan menjadi suatu kebiasaan. Cara melakukan mindful eating sebenarnya cukup mudah, di bawah ini adalah panduannya:

  1. Mempersiapkan waktu setidaknya 20 menit untuk menyantap makanan.
  2. Makan secara perlahan dan tidak terburu-buru.
  3. Pastikan untuk mengunyah makanan hingga benar-benar hancur.
  4. Tidak berkomunikasi dengan orang lain saat makan.
  5. Hindari hal-hal yang bisa mengganggu aktivitas makan, seperti nonton TV dan main gadget.
  6. Fokus menikmati rasa dan aroma makanan yang menggugah selera.
  7. Makan secukupnya, berhentilah saat sudah merasa cukup kenyang dan jangan berlebihan.
  8. Sebelum makan, biasakan mengajukan pertanyaan pada diri sendiri, seperti:
    • Makanan apa yang harus dikonsumsi?
    • Apakah makanan tersebut mudah dicerna atau tidak?
    • Apa saja kandungan nutrisi atau gizi yang terkandung dalam makanan?
    • Berapa banyak makanan jenis tersebut seharusnya dikonsumsi?

n.b.: Pada masa awal memulai mindful eating, tidak perlu langsung menerapkan metode di atas pada 3 sesi makan besar (sarapan, lunch, dan makan malam). Anda bisa memulai dengan 1 sesi makan besar saja, misalnya saat sarapan. Setelah terbiasa, baru terapkan di semua sesi makan besar.

5 Manfaat Mindful Eating untuk Kesehatan

Menerapkan pola makan mindful eating memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, bukan hanya dalam segi fisik, melainkan juga memberikan dampak positif secara emosional, seperti di bawah ini:

  • Meningkatkan Fungsi Sistem Pencernaan
    Makan secara perlahan dan mengunyah makanan hingga benar-benar hancur sebelum ditelan, akan mempermudah proses pencernaan makanan dalam usus. Jadi, kesehatan sistem pencernaan lebih terjaga dan tubuh lebih mudah dalam menyerap nutrisi makanan. 
  • Mengurangi Stres dan Kecemasan
    Perlu diketahui, bahwa makan bukanlah solusi menghilangkan stres. Sebaliknya, bisa membuat makin stres karena makan terburu-buru akan menimbulkan gangguan pencernaan. Namun, dengan mindful eating, kegiatan makan bisa menjadi lebih menyenangkan.
  • Membantu Penurunan Berat Badan
    Makan penuh kesadaran bukanlah diet, namun bisa mendukung proses penurunan berat badan maupun mencegah obesitas. Mindful eating akan membantu memilih asupan makanan sehat dan bergizi bagi tubuh, sehingga porsi yang masuk juga lebih seimbang. 
  • Lebih Menikmati dan Menghargai Makanan
    Sering kali seseorang tidak dapat menikmati hidangan yang disantap karena terlalu multitasking, seperti makan sambil nonton, main gadget, atau ngobrol sehingga perhatian tidak tertuju pada makanan. Tanpa disadari, hal sepele ini bisa merusak pola makan sehat.

    Dengan pola mindful eating, Anda akan belajar menggunakan semua indra untuk fokus pada makanan. Jadi, bisa lebih menikmati aroma, rasa, tekstur, dan bumbu sehingga diri dapat kembali mengenal kenikmatan makan dan menghargai setiap makanan yang disantap.
  • Makan Lebih Sehat dan Seimbang
    Mindful eating akan membuat Anda belajar makan dengan penuh kesadaran, mulai dari proses memilih bahan makanan, hingga berapa banyak yang harus dikonsumsi. Dengan begitu, maka yang dikonsumsi bisa memberikan manfaat positif bagi tubuh.

Mau Tahu Apa yang Terjadi Pada Anak Jika Tidak Menerapkan Mindful Eating? Cari Jawaban Selengkapnya dengan Paket 2P dari IndiHome!

Bukan hanya orang dewasa, namun anak-anak juga harus mulai dibiasakan mengonsumsi makanan dengan metode mindful eating sejak dini. Pasalnya, pola makan tidak sehat dapat memicu terjadinya gangguan kesehatan, mulai dari masalah pencernaan, obesitas, hingga mood swing dan stres.

Di era digital ini, perkembangan teknologi bisa dimanfaatkan untuk mencari berbagai informasi bermanfaat seputar mindful eating dan bagaimana cara memperkenalkannya pada anak. Namun, tentu Anda membutuhkan jaringan stabil agar informasi yang didapatkan tidak setengah-setengah.

Bagi yang sering mengalami masalah koneksi internet, tidak perlu khawatir karena sekarang ada Paket 2P (Internet+TV) dan Paket 2P (Internet+Phone) sebagai solusi kebutuhan digital Anda, mulai dari internet, TV interaktif, dan gratis nelpon sepuasnya hingga 300 menit.

Paket 2P dari IndiHome terdiri atas 2 kategori yang benefitnya bisa dipilih sesuai kebutuhan. Mau nonton tayangan TV berkualitas dan konten interaktif tanpa batas? Paket 2P (Internet+TV) adalah jawabannya. Anda juga bisa browsing di jaringan internet dengan kecepatan hingga 100 Mbps.

Kalau ingin bebas ngobrol dengan sahabat maupun kerabat, Paket 2P (Internet+Phone) bisa memenuhi kebutuhan Anda. Selain internet dengan kecepatan 20 Mbps – 100 Mbps, pelanggan juga mendapatkan free nelpon lokal/interlokal sebanyak 300 menit, dan bonus lain persembahan dari IndiHome.

Mencegah obesitas pada anak bisa dilakukan dengan mengajarkan mereka untuk menerapkan mindful eating dalam kehidupan sehari-hari. Anda bisa belajar mengenai trik-trik mindful eating yang kids friendly melalui internet secara cepat dan mudah dengan berlangganan Paket 2P dari IndiHome.