Melihat Perkembangan Dunia Kreatif Game Online Dulu dan Sekarang | IndiHome
18 JUN 2021        BLOG

Melihat Perkembangan Dunia Kreatif Game Online Dulu dan Sekarang

Bermain game online seru memang menjadi candu bagi sebagian besar kalangan, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Apalagi di era modern sekarang ini, di mana game dapat diakses secara mudah dari gadget. Game seolah telah menjadi kebutuhan akan media hiburan bagi masyarakat.

Namun, tahukah jika video game yang Kamu nikmati saat ini sebenarnya jauh berbeda dengan dahulu? Perkembangan teknologi memberi andil besar dalam perubahan video game online. Ada banyak sekali perbedaan antara game jadul dan zaman sekarang yang sebaiknya diketahui pecinta game.

8 Perbedaan Video Game Online Jadul dan Sekarang

Versi video game jadul dan sekarang sudah pasti berbeda. Namun, apakah Kamu tahu apa bedanya? Karena meskipun cukup mencolok, namun tidak begitu kentara. Berikut ini adalah perbedaannya:

  1. Genre Game Populer
    Sama seperti musik dan film, game juga memiliki masa genrenya masing-masing sesuai dengan zaman. Dulu, genre Real-Time Strategy, Puzzle, RPG, dan Adventure menjadi primadona. Sekarang, genre Action dan Battle Royale lebih populer di kalangan gamer.

  2. Naratif & Atmosfer
    Sudah menjadi rahasia umum, bahwa game modern lebih mengedepankan atmosfer sehingga memaksa pemain ikut berimajinasi. Sedangkan di era sebelumnya, game online lebih fokus membangun kengerian survival, contohnya adalah game Resident Evil.

  3. Anggaran Produksi
    Tidak dapat disangkal bahwa teknologi canggih menghasilkan video game dengan kualitas lebih baik dari berbagai aspek. Hal ini juga turut mempengaruhi biaya produksi. Beda dengan dulu, tampilan game yang sederhana tidak begitu membutuhkan anggaran besar.

  4. Aktivitas Pembajakan
    Pembajakan game memang merupakan sesuatu yang tidak dapat dihilangkan. Namun, game zaman dahulu lebih rentan karena mudah dibajak dengan copy paste file. Sekarang, game telah dilindungi dengan hak cipta, sehingga Kamu perlu membeli jika ingin memainkannya.

  5. Ukuran File Video Game
    Size file game semakin berubah mengikuti perkembangan zaman. Wajar saja, sebab semakin kompleks fitur dan tools yang disematkan, maka semakin besar pula ukuran game. Dulu, 1 GB merupakan ukuran yang besar untuk menyimpan game berkualitas.

  6. Konsep Permainan Multiplayer
    Awalnya, game bertema multiplayer didominasi oleh split screen karena internet belum begitu populer, dan jumlahnya juga sangat limited. Setelah maraknya penggunaan internet, Kamu dapat memainkan game online seru dengan siapa saja tanpa batasan ruang dan waktu.

  7. Grafik
    Salah satu perbedaan paling kentara antara game modern dan jadul adalah tampilan grafiknya. Kalau zaman dulu, grafik yang digunakan sangat sederhana, yakni 8-bit. Namun seiring hadirnya teknologi photorealistic, grafik game modern tampak lebih real atau 3D.

  8. Background
    Latar belakang game jadul umumnya mengangkat tema sederhana dengan grafik 8-bit. Namun, background 3D juga telah mulai digunakan di tahun 1992. Saat ini, background yang diusung game online sudah jauh lebih canggih dan real dengan bantuan teknologi canggih.

Perbedaan Main Game Online Dulu dan Sekarang

Bukan hanya tampilan video gamenya saja yang berbeda, akan tetapi cara main game online pada zaman dahulu dan sekarang juga beda. Mau tahu apa bedanya? Simak perbedaannya di bawah ini!

  1. Dulu Pilihan Game Online Sangat Terbatas
    Mungkin ini merupakan perbedaan paling mencolok. Tidak seperti sekarang, pada zaman dahulu jumlah permainan online masih dapat dihitung jari. Sedangkan saat ini, ada berbagai macam tipe game dengan ragam genre yang akan memanjakan para penggemarnya.


  2. Game Online Didominasi Orang Dewasa
    Kalau melihat beberapa tahun ke belakang, yang mengerti cara mengoperasikan perangkat desktop PC sebagian besar adalah orang dewasa. Fenomena ini umum terjadi, khususnya di Indonesia. Anak yang mahir menggunakan PC biasanya hanya dari kalangan tertentu saja.

    Namun, di era modern sekarang ini, di mana PC/Laptop sudah bisa diakses oleh berbagai kalangan dan game bisa diakses secara mudah melalui smartphone, anak-anak juga mulai menunjukkan eksistensinya di dunia game online. Wajar saja, main game memang seru dan menghibur.


  3. Akses Bermain Game Limited
    Para gamers jadul pasti sangat paham akan hal ini, Dulu, PC dan laptop adalah barang mahal yang tidak bisa dimiliki semua kalangan. Kalau mau main game, maka harus pergi ke warnet. Selain mahal, koneksi internet di warnet juga seringkali tidak stabil.

    Sekarang, siapa pun dapat bermain game kapan dan di mana saja, bahkan meskipun tidak punya perangkat PC. Hanya dengan modal smartphone, Kamu sudah bisa bermain game. Selain itu, koneksi internet saat ini juga jauh lebih baik dari dulu, dan pastinya juga murah.


  4. Susah Mencari Voucher
    Tidak ada payment gateway pada zaman dahulu. Setiap game publisher mendistribusikan voucher secara manual. Hal tersebut tentu memicu sulitnya untuk mendapat voucher dari game yang dimainkan. Dampak ini sangat terasa, apalagi bagi pecinta game yang tinggal di kota kecil.

    Saat ini, Kamu bisa mendapatkan voucher kapan saja secara praktis. Hanya dengan modal ponsel dan koneksi internet, maka sudah bisa membeli voucher dalam hitungan detik.

Main Game Online Seru Jadi Lebih Asyik dan Menyenangkan dengan IndiHome Paket Gamer

Di era digital saat ini, game online sudah menjadi kebutuhan entertainment yang tidak dapat dipisahkan dari kehidupan sebagian orang. Selain menawarkan akses lebih mudah dan murah, pilihan genre yang ditawarkan juga semakin variatif sehingga wajar kalau membuat ketagihan.

Bagi para gamer yang suka mencoba berbagai tantangan main game baru, namun sering terkendala dengan koneksi internet putus-putus atau mahalnya biaya subscription maupun voucher game, jangan risau, karena sekarang ada IndiHome Paket Gamer yang menawarkan segudang benefit.

Apa itu Paket Gamer?

Paket Gamer dari IndiHome merupakan solusi alternatif untuk memenuhi kebutuhan bermain game Kamu. Bukan hanya game, pelanggan juga dapat menikmati internetan super cepat, berbagai pilihan channel televisi berkualitas, hingga bebas nelpon hingga 300 menit untuk lokal dan interlokal.

Di IndiHome Paket Gamer, Kamu akan merasakan sensasi main game online yang lebih seru di jaringan internet stabil. Menariknya, ada berbagai bonus dari game-game populer, seperti in-game currency, exclusive items, drop rate, double experience, dan masih banyak lagi yang bisa Kamu dapatkan.

Pada game Mobile Legends Bang Bang misalnya, Kamu bisa mengklaim random skin trial Hero (3 days) dan di Ragnarok ada benefit +100% EXP, +25% Item Drop, akses NPC Premium, dsb.

Berikut ini adalah beberapa game dengan benefit keren yang ditawarkan IndiHome Paket Gamer:

  • Free Fire
  • Mobile Legends Bang Bang
  • Ragnarok
  • AOV
  • Audition Ayo Dance
  • Call of Duty Mobile
  • Lords Mobile
  • Lokapala
  • Domino Qiu Qiu Zumba
  • Point Blank
  • Line Let’s Get Rich
  • Lost Saga Remastered
  • dsb.

Bermain game online seru favorit jadi lebih asyik tanpa hambatan dengan berlangganan Paket Gamer dari IndiHome. Di Paket Gamer, Kamu bisa puas memainkan game apa saja dengan dukungan kecepatan internet hingga 100 Mbps. Jadi, main game online dijamin bakalan lancar jaya.