Mau Ajak Anak Memasak di Rumah? Perhatikan 7 Tips Berikut Ini! | IndiHome
18 MAR 2022        BLOG

Mau Ajak Anak Memasak di Rumah? Perhatikan 7 Tips Berikut Ini!

Memasak menjadi aktivitas yang bisa dilakukan oleh siapa saja, dari mulai orang dewasa hingga anak-anak. Bahkan aktivitas memasak bisa menjadi hal seru untuk dilakukan bersama. Sebagai contoh, Anda bisa mengajak anak-anak untuk memasak di rumah. Selain menjadi aktivitas yang menyenangkan, memasak bersama buah hati ternyata berdampak positif pada pertumbuhan mereka, lho!

Bila dilakukan secara rutin, setidaknya setiap akhir pekan, memasak di rumah bersama anak-anak memiliki manfaat sebagai berikut:

  • Mengajak si kecil untuk menyiapkan alat dan bahan masakan serta mengajaknya terlibat dalam proses pembuatan hidangan dapat membangun kedekatan sekaligus kepercayaan diri mereka.
  • Memberikan kebebasan pada anak untuk menggunakan metode memasak dan menghias hidangan sesuai keinginan mereka dapat meningkatkan daya imajinasi.
  • Memasak dapat memberikan pengalaman sensorik, dimana mereka jadi lebih fokus ke panca indera yang dimiliki, baik secara individu atau kolektif. 
  • Memasak dapat meningkatkan kemampuan dalam mengamati, memprediksi, menghitung, dan mengukur sehingga keterampilan sains dan berhitung dapat diasah.
  • Mengajarkan bertanggung jawab dengan memberikan si kecil tugas memasak yang ringan.
  • Memasak bersama dapat mempererat ikatan antara orangtua dan anak sehingga cocok dijadikan aktivitas keluarga yang rutin dilakukan.

Berencana mengajak si kecil memasak di rumah? Sebelumnya, ada beberapa tips yang perlu Anda perhatikan agar kegiatan tersebut tidak hanya menyenangkan tetapi juga bermanfaat untuk pertumbuhan anak. Apa saja hal yang perlu diperhatikan ketika Anda ingin mengajak si kecil memasak di rumah?

7 Tips Mengajak Si Kecil Memasak di Rumah

Dilansir dari The Spruce Eats, terdapat beberapa hal penting yang perlu diperhatikan ketika memasak di rumah bersama anak. Hal tersebut tentunya dapat memaksimalkan hasil masakan sekaligus membuat si kecil senang. Sebelum mulai memasak, yuk perhatikan tips di bawah ini terlebih dahulu! 

  1. Buat Jadwal
    Di tengah kesibukan kerja dan waktu sekolah anak-anak, membuat jadwal menjadi hal pertama yang perlu dilakukan. Dalam jadwal tersebut, Anda bisa menentukan kapan waktu memasak di rumah bisa dilakukan dan apa saja yang perlu disiapkan. Buat juga jadwal yang meliputi semua pekerjaan rumah dan siapa yang perlu melakukannya, dari mulai memasak, membersihkan rumah, mencuci, dan sebagainya. Walaupun tidak terlaksana sepenuhnya karena kesibukan masing-masing, jadwal tersebut dapat membuat Anda lebih teratur untuk melakukan aktivitas rutin bersama si kecil di rumah.

  2. Sediakan Stok Bahan Masak yang Lengkap
    Jika memasak di rumah menjadi aktivitas rutin bersama anak-anak, sebaiknya Anda mulai menyediakan stok bahan masakan yang lengkap. Bahan tersebut haruslah yang mudah dimasak dan bergizi serta disukai oleh anggota keluarga lainnya. Jangan lupa untuk menyimpan bahan makanan tersebut dalam wadah yang tertutup rapat dan aman untuk makanan.

  3. Atur Dapur Agar Lebih Efisien
    Kegiatan memasak di rumah bersama si kecil akan lebih mudah dilakukan jika dapur ditata seefisien mungkin. Anda bisa memulai dengan menyusun bahan dan alat masak sesuai keperluan. Setelah itu, kelompokkan bahan sesuai jenisnya dan simpan berbagai bumbu masakan. Pastikan juga untuk meletakkan alat masak yang sering digunakan dalam jangkauan untuk memudahkan Anda dan si kecil saat hendak menggunakannya.

  4. Buat Menu Mingguan
    Menu mingguan dapat menjadi referensi belanja bahan makanan yang dibutuhkan. Anda bisa mengajak si kecil merencanakan menu makanan yang dia sukai. Ketika merencanakan menu mingguan, pertimbangkan selera keluarga serta gizi yang terkandung dalam makanan tersebut. Anda juga dapat memanfaatkan bahan masakan yang ada di rumah untuk memasak hidangan lezat dan bergizi. Setelah daftar menu mingguan dibuat, tempelkan di pintu kulkas sehingga anggota keluarga lain dapat melihatnya. 

  5. Sediakan Snack Corner untuk Anak
    Tidak ada salahnya untuk mengatur satu sudut di dapur sebagai snack corner bagi anak-anak. Sudut tersebut dapat memudahkan anak-anak ketika ingin ngemil di sela-sela memasak. Mereka juga tidak akan merengek meminta cemilan jika terdapat snack corner di dapur Anda. Pilihlah cemilan sesuai umur anak Anda dan menyusunnya di tempat yang rendah agar si kecil dapat mengambil cemilan yang diinginkan dengan mudah.   

  6. Minta Bantuan Anak
    Mengajak anak memasak di rumah bersama merupakan kegiatan akhir pekan yang seru. Mereka juga akan merasa dibutuhkan ketika Anda meminta bantuan mereka. Berikan tugas memasak yang disesuaikan dengan kemampuan dan umur anak. Kegiatan memasak ini juga dapat mengajarkan pada si kecil tentang keterampilan memasak, jenis-jenis makanan beserta kandungan gizinya, serta cara mengolah makanan tersebut agar menjadi hidangan yang lezat.

  7. Ciptakan Aturan Makanan dan Memasak di Rumah
    Buat peraturan tentang makanan dan aktivitas memasak yang perlu anak-anak patuhi. Aturan tersebut dapat mengajarkan mereka mengenai kapan waktu yang tepat untuk mengonsumsi cemilan dan makanan utama serta apa saja yang perlu dilakukan ketika mereka diajak memasak di rumah.

Temukan Berbagai Tips Memasak di Rumah dengan Berlangganan Internet Super Cepat dari IndiHome

Dilihat dari manfaatnya, mengajak anak memasak di rumah perlu dijadikan aktivitas yang rutin dilakukan. Tips di atas dapat membantu Anda menerapkan aturan memasak bersama anak agar kegiatan tersebut menjadi lebih menyenangkan, tetapi tetap aman dilakukan oleh anak-anak. Kabar baiknya, sekarang Anda bisa mendapatkan tips memasak dan ragam menu yang bisa dibuat bersama anak-anak dengan mudah melalui internet atau acara TV khusus tentang dunia kuliner. Tentunya untuk mendapatkan semua informasi tersebut, Anda membutuhkan layanan digital yang tidak hanya menyediakan jaringan internet super cepat dan stabil, tetapi juga beragam channel TV menarik yang sesuai dengan minat Anda.

Paket IndiHome (Dengan Akses Disney+ Hotstar) siap menghadirkan semua yang Anda butuhkan. Dengan memilih Paket 2P (Internet + TV), Anda bisa internetan dengan kecepatan hingga 100 Mbps, sehingga mencari informasi terkait dunia kuliner jadi lebih mudah dan cepat dengan koneksi internet stabil. Selain itu, Anda juga akan mendapatkan benefit lain berupa bebas akses tayangan berkualitas, mulai dari tayangan hiburan hingga kuliner di 100 channel TV dan ekstra bonus berupa 57 channel TV selama 3 bulan. Tidak ketinggalan, Anda juga bisa mendapatkan bebas akses berbagai layanan streaming seperti Disney+ Hotstar, MOLA, CATCHPLAY+, WeTV iflix, dan Vidio. Anda juga akan mendapatkan cashback saldo LinkAja sebesar Rp100.000, lho! Mulai dari Rp300ribu-an, Anda sudah bisa menikmati beragam layanan lengkap untuk memenuhi kebutuhan digital Anda.

Dapatkan juga diskon biaya pasang baru sebesar 50% selama bulan Maret 2022. Yuk, langganan Paket IndiHome (Dengan Akses Disney+ Hotstar) sekarang juga!