Kenang Masa Lalu dengan Nonton 6 Sinetron Hits Pada Masanya di Viu | IndiHome
25 MAR 2022        BLOG

Kenang Masa Lalu dengan Nonton 6 Sinetron Hits Pada Masanya di Viu

Hingga saat ini, sinetron masih menjadi tayangan favorit masyarakat Indonesia. Bahkan di zaman serba digital seperti sekarang ini, sinetron Indonesia tidak hanya bisa ditonton di televisi saja. Sudah banyak aplikasi atau layanan streaming yang memungkinkan Anda untuk menyaksikan beragam tayangan favorit di mana saja, termasuk sinetron. Terlebih lagi, layanan streaming juga menghadirkan sinetron original atau dikenal dengan istilah web series yang tidak bisa Anda saksikan di channel televisi konvensional.

Terlepas dari konsep modern yang ditawarkan oleh sinetron masa kini, tayangan sinetron di masa lalu pun tidak kalah menariknya. Beberapa sinetron bahkan masih melekat dalam ingatan hingga saat ini. Seperti enam sinetron lawas berikut yang kembali ditayangkan di platform streaming Viu: 

  • Doaku Harapanku 1
    Sinetron lawas Indonesia ini dibintangi oleh Krisdayanti, Leily Sagita, dan Dicky Wahyudi. Tayang perdana di tahun 1998 saat bulan Ramadhan, sinetron Doaku Harapanku 1 sempat menjadi sinetron Ramadhan terbaik tahun 90-an, lho! Doaku Harapanku 1 bercerita tentang Anisa (Krisdayanti) yang memiliki suami bernama Andika (Dicky Wahyudi). Meski saling mencintai, pernikahan mereka dihantui oleh kebencian ibu tiri Andika yang bernama Lala (Leily Sagita) terhadap Anisa. Lala menganggap Anisa akan menguasai harta kekayaan Andika sehingga dia melakukan berbagai cara untuk membuat hidup Anisa sengsara.

    Penderitaan Anisa semakin memuncak ketika ibu mertuanya tersebut mengira Andika meninggal akibat kecelakaan dan memasukkan Anisa ke rumah sakit jiwa. Pada kenyataannya, Andika selamat dari kecelakaan tersebut namun mengalami amnesia. Meski Andika dan Anisa sudah kembali bersama, berbagai fitnah Lala gencarkan untuk memisahkan mereka. Dari mulai fitnah perselingkuhan hingga kesalahpahaman, semuanya direncanakan oleh Lala untuk membuat keduanya terpisah. Namun, tujuan Lala untuk memisahkan mereka selalu berakhir dengan kegagalan hingga akhirnya Lala mendapatkan hukuman atas kejahatan yang dia lakukan.

  • Kecil-Kecil Jadi Manten
    Ini merupakan sinetron komedi yang tayang di tahun 2002. Kecil-Kecil Jadi Manten dibintangi oleh artis papan atas Indonesia seperti mendiang Sukma Ayu (Rohaye), Sahrul Gunawan (Aimin), Faridsyah Zikri (Ongky), Robby Tumewu (Koh Amen), Jimmy Gideon (Rojali), dan Cut Keke (Mumun). Tayang sebanyak 72 episode, sinetron ini mengisahkan tentang Rohaye, perempuan tomboy yang hobi tawuran, main bola, dan manjat pohon. Lalu ada Ongky, anak lelaki Koh Amen yang lebih menyukai pekerjaan dapur daripada bermain dengan anak laki-laki sebayanya. Menyadari sifat anak-anak mereka yang berbeda dari kebanyakan, Mumun, ibu Rohaye, setuju untuk menjodohkan anaknya dengan Ongky. Meski sudah menikah, sifat Rohaye dan Ongky masih belum berubah. Malah, usia yang masih belia membuat mereka tidak memahami konsep pernikahan sesungguhnya.

    Namun, Rohaye berubah menjadi lebih feminim setelah menyadari perasaan cintanya pada tukang ojek yang bekerja pada keluarga Rohaye bernama Aimin. Mereka pun menjalin hubungan sampai akhirnya Rohaye dihamili oleh Aimin. Ongky yang sejak awal tidak mencintai Rohaye, tidak merasa sedih ketika istrinya dihamili oleh lelaki lain. Justru, sifat kelaki-lakian Ongky mulai muncul karena kehamilan Rohaye.  

  • Doaku Harapanku 2
    Di season 2 ini, sinetron Doaku Harapanku masih mengisahkan tentang kehidupan rumah tangga Anisa (Krisdayanti) dan Andika (Dicky Wahyudi). Kebahagiaan keduanya semakin lengkap dengan kehadiran anak mereka yang bernama Reza. Tidak lupa, di season 2 ini pun Anda akan masih bertemu dengan Lala (Leily Sagita). Kali ini, setelah mendapatkan balasan atas perbuatan jahatnya, Lala berubah menjadi baik. Dia akhirnya bekerja sebagai asisten rumah tangga, tetapi karma masih mengikuti langkahnya. Selama bekerja, Lala kerap kali dijahati oleh majikannya. Dia hanya bisa bersabar sembari menahan kerinduan pada keluarganya. Lala tidak berani bertemu Anisa dan Andika meski kenyataannya mereka merindukan sosok Lala. Belum lagi Reza yang juga ingin bertemu dengan sang nenek. 
     
  • Shangrilla
    Tidak kalah seru dari sinetron 90-an lainnya, Shangrilla yang tayang di tahun 1996 ini dibintangi oleh Marini Zumarnis, Tamara Bleszynski, Venna Melinda, Teuku Ryan, dan Reynold Surbakti. Sinetron ini mengangkat kisah pengelola Shangrilla Plaza, mall paling bergengsi di Jakarta, dan pemuda biasa bernama Roy yang dipilih menjadi pemilik gedung mall tersebut. Roy merupakan pekerja keras yang dianugerahi penampilan menawan. Banyak wanita yang jatuh cinta padanya hingga hal tersebut membuatnya kerepotan. Nasibnya berubah saat dia bertemu dengan Mita Casidy, pemilik dan pengelola Shangrilla Plaza yang merasa Roy cocok untuk mengelola mall bergengsi tersebut.

  • Kawin Gantung
    Sinetron lawas yang tayang di tahun 2003 ini dibintangi oleh Didi Riyadi, Natalie Sarah, Elma Theana, dan Asmirandah. Kawin Gantung mengisahkan tentang percintaan Ridho (Didi Riyadi) dan Mei (Natalie Sarah). Awalnya mereka ibarat musuh bebuyutan yang sering bertengkar saat bertemu. Sampai akhirnya perjodohan pun disepakati oleh kedua orangtua mereka. Meski tidak rela, mereka tidak kuasa untuk menentang kedua orangtua dan setuju untuk menjadi suami istri. Permusuhan mereka tidak berhenti meski sudah menikah. Namun, seiring berjalannya waktu, timbul benih cinta di antara keduanya.

  • Janjiku
    Satu lagi sinetron lawas yang kisahnya masih melekat hingga saat ini. Janjiku dibintangi oleh sederet artis papan atas Indonesia seperti Paramitha Rusady, Adam Jordan, Reynold Surbakti, Jeremy Thomas, Moudy Wilhelmina, Eksanti, Novita Wibowo, dan Anwar Fuady. Sinetron lawas yang tayang di tahun 1997 ini mengisahkan tentang Laras (Paramitha Rusady), gadis yatim piatu yang bekerja sebagai guru SD. Dia dijodohkan dengan Jimmy (Reynold Surbakti), pria kaya angkuh yang sempat Laras permalukan ketika dia ingin merayunya. Pernikahan mereka tidak berlangsung bahagia karena Jimmy yang masih dendam pada Laras serta keluarganya yang tidak menerima Laras.

    Penderitaan demi penderitaan Laras terima sampai akhirnya dia melahirkan Nada yang divonis buta sejak lahir. Jimmy yang tidak menerima mereka, akhirnya mengusir keduanya dari rumah. Cerita berlanjut sampai Nada tumbuh dewasa dan menjadi penyanyi terkenal. Perubahan besar juga dialami oleh keluarga Jimmy, dari mulai kebangkrutan hingga Jimmy yang masuk penjara karena kasus pembunuhan.


Tonton Sinetron Lawas Indonesia dengan Berlangganan Add-On Viu Melalui IndiHome

Ingin menonton kembali sinetron lawas yang sempat populer di zamannya? Khusus pengguna setia IndiHome, Anda bisa menyaksikan enam sinetron lawas di atas dengan berlangganan add-on Viu melalui IndiHome. Selain menyaksikan sinetron di atas, Anda pun dapat menonton berbagai original series terbaru sekaligus download acara TV, film, dan drama populer lain di Asia dalam subtitle bahasa Indonesia lho! Dengan biaya berlangganan yang sangat terjangkau, yaitu Rp30.000 per bulan, Anda bisa menyaksikan tayangan Asia favorit yang tersedia di semua Hybrid Box (STB) IndiHome sepuasnya.

Mau nostalgia dengan menonton enam sinetron lawas di atas? Yuk, langganan add-on Viu melalui IndiHome sekarang juga!