Ingin Jadi Fotografer Handal? Berikut Rekomendasi Kamera Terbaik untuk Belajar Fotografi | IndiHome
11 AUG 2021        BLOG

Ingin Jadi Fotografer Handal? Berikut Rekomendasi Kamera Terbaik untuk Belajar Fotografi

Berniat untuk menekuni hobi fotografi tapi bingung menentukan tipe kamera yang cocok digunakan? Bagi pemula yang baru belajar fotografi, proses memilih kamera memang bukan hal mudah. Ada banyak hal yang perlu dipertimbangkan, mulai dari menyesuaikan kebutuhan hingga budget.

Di zaman modern, penggunaan kamera memang tidak dapat dipisahkan dari kehidupan sehari-hari. Tidak peduli sebagus apapun kualitas kamera yang ditawarkan oleh vendor smartphone, faktanya kamera smartphone belum bisa menggantikan peran kamera konvensional, seperti SLR, DSLR, dan mirrorless.

8 Rekomendasi Kamera Belajar Fotografi untuk Pemula

  1. Nikon D3300
    Seri ini adalah update dari versi sebelumnya, yaitu Nikon D3200. Mengusung interface lebih simple, Nikon D3300 sangat cocok dijadikan pilihan oleh pemula. Kamera Nikon D3200 dibekali ISO up to 25600 (boost) sehingga bisa menghasilkan gambar berkualitas mumpuni.

    Mengusung 24 MP CMOS Expeed 4 sensor, memungkinkan pengguna melakukan continuous shot sampai 5 fps. Kamera ini dapat merekam video kualitas full HD dengan speed 60 fps dengan berbagai opsi flash modes. Jadi, cukup direkomendasikan untuk pemula.

    Kisaran harga: Rp3.350.000

  2. Nikon D5200
    Meskipun termasuk kategori produk discontinue, namun Nikon D5200 bisa memenuhi berbagai kebutuhan fotografi dan videografi. Seri ini dilengkapi sensor APS-C CMOS 24Mp serta Expeed 3 yang memungkinkan Anda membidik foto dengan resolusi tinggi.

    Dibekali ISO 25600 untuk mendukung proses pengambilan gambar di tempat dengan pencahayaan minim, Nikon D5200 juga dibekali fitur time lapse. Menariknya, seri ini juga sudah support microphone external, jadi sangat recomended bagi yang memulai vlog.

    Kisaran harga: Rp4.020.000

  3. Canon EOS 1300D
    Kamera DSLR Canon 1300D adalah pilihan tepat untuk mendalami dunia fotografi. Dilengkapi ragam fitur menarik, Anda bisa mengabadikan berbagai momen spesial dengan kamera ini. Selain mengusung dimensi besar, Canon 1300D juga dibekali lensa kit 18-55 mm.

    Hadir dengan LCD 3 inch, seri 1300D juga dipersenjatai sensor CMOS APS-C beresolusi 18 MP guna mendukung pengambilan gambar yang jernih dan tajam. Selain itu, ada juga fitur NFC dan WiFi yang memungkinkan Anda menghubungkan kamera dengan perangkat lain.

    Kisaran harga: Rp3.910.000

  4. Canon EOS 77D
    Jika Anda memiliki budget cukup besar, maka bisa menjatuhkan pilihan pada Canon EOS 77D. Apalagi, kalau Anda memang serius untuk terjun langsung ke dunia fotografi. Seri ini terkenal unggul menghasilkan gambar berkualitas tajam karena dibekali fitur-fitur andal.

    Canon EOS 77D mendukung 45 titik autofokus, interface touch screen, performa AF Live View, dan banyak lagi, sehingga tidak heran kalau seri ini masuk dalam kategori DSLR terbaik. Untuk sensornya, sudah disematkan 24.2 MP APS-C-CMOS pada EOS 77D.

    Kisaran harga: Rp13.900.000

  5. Pentax K-S2
    Kamera Pentax K-S2 menghadirkan berbagai fitur dan spesifikasi yang tidak kalah dari seri mahal lain. DSLR besutan Pentax ini juga telah dibekali sensor tipe CMOS APS C 20 Mp. Dikombinasikan prosesor PRIME MIUI, wajar jika kualitas ketajaman gambarnya bagus.

    Selain unggul dari segi body, Pentax K-S2 juga mendukung aktivitas perekaman video dengan kualitas full HD 1080, dan continuous shot 5,4 fps. Kamera juga dilengkapi ISO 51200 sehingga Anda tidak perlu khawatir saat harus membidik foto dengan cahaya rendah.

    Kisaran harga: Rp8.900.000

  6. Fujifilm X-A3
    Generasi penerus seri X-A2 ini dilengkapi dengan resolusi lebih besar, yakni 24 Mp. Hadir mengusung body yang nyaman digenggam, kamera mirrorless ini sangat recomended bagi yang suka selfie atau ngevlog. Apalagi, Fuji X-A3 mendukung video full HD hingga 60 fps.

    Fujifilm X-A3 dibekali sensor CMOS APS-C 24,2 Mp dan touch screen dengan tingkat kemiringan hingga 180o. Selain itu, ada juga sistem autofokus di 77 titik dan ISO 25600. Keunggulan lain dari X-A3 adalah pilihan filter yang beragam, dan support konektivitas WiFi.

    Kisaran harga: Rp5.700.000

  7. Panasonic Lumix DMC-G7
    Kamera mirrorless besutan brand Panasonic ini bukan hanya unggul dari segi tampilan yang tampak elegan. Dibekali sensor MOS 16 Mp dan prosesor Venus Engine 9, Anda bisa menghasilkan foto berkualitas dengan kamera ini. Apalagi, ada fitur Post Focus yang keren.

    Menariknya lagi, Panasonic Lumix DMC–G7 sudah dilengkapi sistem AF DFD dan Mode Foto 4K, sehingga mendukung perekaman video 4K UHD 30/24 fps. Anda juga tidak perlu khawatir lagi saat harus membidik gambar pada malam hari, karena hasilnya pasti bagus.

    Kisaran harga: Rp7.200.000

  8. Sony A6000
    Sedang mencari referensi kamera mirrorless untuk mendalami fotografi? Seri A6000 besutan vendor kamera terbaik ini wajib masuk dalam bucket list Anda. Sony A6000 mengusung resolusi 24 Mp, dengan sensor APS-C Sensor dan telah dilengkapi Fast Hybrid AF.

    Kerennya lagi, Sony A6000 mampu mendeteksi 179 titik fase dan telah mendukung video full HD 1080p XAVC S. Dilengkapi multi interface dan flash internal, seri ini dapat melakukan pemotretan 11 fps dan telah disematkan ISO 25600 untuk mendukung aktivitas fotografi.

    Kisaran harga: Rp7.500.000

Mencari Kamera yang Bagus untuk Pemula Beserta Spesifikasi dan Harganya Jadi Lebih Mudah dengan Paket 3P (Internet + TV + Phone) dari IndiHome

Bagi sebagian orang, membidik foto berkualitas tinggi dari berbagai angle memang menjadi sebuah hobi menyenangkan. Tidak sedikit yang kemudian memutuskan menekuni hobi tersebut dan menjadikannya sebagai peluang berkarir. Apalagi, di era media sosial seperti sekarang ini.

Untuk menghasilkan jepretan berkualitas, bekal utama yang paling dibutuhkan adalah kamera. Namun, bagi newbie, pastinya sulit menjatuhkan keputusan harus membeli kamera seperti apa. Apalagi, ada banyak sekali tipe kamera dari berbagai brand yang beredar di pasaran saat ini.

Supaya tidak bingung, Anda bisa mulai mencari referensi berbagai tipe kamera lengkap dengan detail dan harganya melalui beberapa situs terpercaya di internet. Jadi, bisa sekaligus menambah wawasan Anda, serta lebih mudah menyesuaikan budget yang dimiliki dengan kebutuhan.

Untuk mendukung aktivitas browsing agar bisa cepat mendapatkan produk kamera DSLR atau mirrorless yang diinginkan, Anda bisa berlangganan Paket 3P (Internet + TV + Phone) dari IndiHome untuk merasakan nyamannya internetan di jaringan stabil dengan kecepatan up to 300 Mbps.


Apa Saja Keunggulan Paket 3P (Internet + TV + Phone) dari IndiHome?

Bagi Anda yang sedang mencari alternatif solusi komplet untuk memenuhi kebutuhan digital, maka Paket 3P (Internet + TV + Phone) dari IndiHome bisa menjadi pilihan terbaik. Pasalnya, dengan berlangganan satu paket saja, Anda akan mendapatkan tiga benefit atau keuntungan sekaligus.

Di bawah ini adalah benefit langganan Paket 3P (Internet + TV + Phone) dari IndiHome:

  • Internet cepat hingga 300 Mbps
  • Bebas nelpon sepuasnya selama 300 menit
  • Akses ke lebih dari 100 channel TV favorit
  • Bebas akses aplikasi UseeTV GO
  • Beragam opsi bonus, yaitu Kids, Movies, Music, Entertainment, dan Gamers.

Mencari rekomendasi kamera terbaik untuk belajar fotografi akan menjadi lebih mudah dengan dukungan internet cepat dan stabil dari Paket 3P (Internet + TV + Phone). Selain bisa browsing, Anda juga bebas nonton film dan nelpon sepuasnya secara gratis.