Game Edukasi untuk Temani Anak di Rumah | IndiHome
24 FEB 2021        BLOG

Game Edukasi untuk Temani Anak di Rumah

Masa pandemi ini merupakan masa yang sangat sulit bagi semua orang, tidak terkecuali ayah dan bunda di rumah. Buah hati yang tidak dapat bersekolah dan harus menjalani sekolah daring dari rumah tentu akan merasa bosan dan jenuh. Oleh karenanya, bermain game edukasi dapat menghilangkan rasa jenuh anak. 

Ada banyak pilihan game belajar yang bisa orangtua tawarkan ke anak apabila mereka sudah selesai belajar dari rumah. Sesekali bermain sebenarnya menawarkan banyak sekali manfaat bagi anak baik dari segi kecerdasannya hingga melatih berpikir kreatif. Berikut beberapa pilihan game pendidikan anak:

5 Pilihan Game Edukasi Terbaik untuk Anak Bermain dari Rumah

  1. Game Belajar Profesi

    Game Belajar Profesi adalah permainan online yang dibuat oleh pengembang lokal dengan bahasa Indonesia. Di dalamnya, anak diajak untuk mengenal berbagai macam profesi yang ada. Orangtua bisa menemani anak ketika bermain sambil belajar mengenal tanggung jawab pekerjaan profesi.

    Sebagai contoh, pada halaman pertama game terdapat berbagai gambar profesi. Apabila mengklik gambar seorang dokter, maka selanjutnya akan tertera penjelasan mengenai pekerjaan dan tanggung jawab dokter. Dengan begitu, anak akan memahami bahwa dokter bertugas mengobati pasien yang sakit. 

    Ada berbagai opsi permainan yang tersedia di game ini. Misalnya permainan Puzzle Profesi, Kuis Profesi, Tebak Profesi hingga Mewarnai Profesi. Pada opsi Tebak Profesi, anak diminta untuk memilih gambar yang sesuai dengan deskripsi profesi yang diberikan. 

  • Game Belajar Matematika SD

    Belajar matematika tidak perlu dibawa terlalu serius. Takutnya anak-anak justru cepat merasa bosan dan tidak dapat menyerap pelajaran. Game belajar matematika khusus untuk anak SD kelas 2 akan mengajarkan anak-anak penjumlahan serta pengurangan dasar matematika.

    Permainan ini sangat seru karena anak dituntut untuk dapat menyelamatkan bumi dari serangan misil luar angkasa. Untuk dapat menembakkan misil luar angkasa, anak harus menjawab persoalan matematika dengan benar. 

  • Game Belajar Rambu Lalu Lintas

    Sejak dini, anak sebaiknya diajak untuk memahami maksud dari berbagai rambu-rambu lalu lintas di jalan raya. Diharapkan dengan mengenalkan anak sejak dini dengan rambu lalu lintas, maka anak akan terbiasa untuk taat saat berada di jalan raya hingga dewasa. 

    Meski tujuan utama game ini adalah untuk memperkenalkan anak dengan maksud rambu lalu lintas, permainan ini dijamin tidak akan membuat anak merasa bosan. Ada berbagai opsi permainan seru sambil belajar yang bisa dipilih seperti Cari Petunjuk.

    Cari Petunjuk akan meminta anak untuk memilih simbol rambu-rambu yang sesuai dengan deskripsi soal. Misalnya tanda dilarang berhenti maka anak disuruh memilih simbol tersebut. Di dalam soal ada gambar polisi yang membantu menjelaskan ke anak. 

  • Game Finding Hidrokarbon

    Game menemukan hidrokarbon ini akan meminta anak-anak untuk mencari barang yang mengandung senyawa hidrokarbon. Karakter utama dalam game dikisahkan sedang berkemah di dalam hutan. Agar dapat bertahan di hutan, maka karakter utama harus mengumpulkan kayu bakar supaya tetap hangat.

    Anak akan diajarkan mengenai karakter sifat senyawa karbon di level pertama. Selanjutnya anak harus mencari gambar senyawa hidrokarbon yang sesuai.

  • Game Escape From Corona
    Game Escape from Corona akan mengajak anak-anak untuk berpikir kreatif dan patuh terhadap protokol kesehatan. Dengan patuh terhadap protokol kesehatan, maka anak akan dapat terhindar dari serangan virus corona. Konsep ini tentu sangat menarik untuk dimainkan apalagi di tengah pandemi saat ini.
  •  

    Gunakan Paket 3P (Internet+TV+Phone) dari IndiHome untuk Akses Internet Lancar

    Selama pandemi, anak dan anggota keluarga tentu lebih banyak menghabiskan waktu di rumah. Agar anak tidak merasa jenuh seharian belajar dari rumah, orangtua dapat menyediakan fasilitas bermain beberapa game edukasi pilihan. 

    Untuk menunjang akses internet lancar selama bermain dan belajar dari rumah, gunakan layanan Paket 3P dari IndiHome yang terdiri dari koneksi internet super cepat dan stabil, akses ke berbagai saluran TV terbaik hingga bebas nelpon ke nomor lokal dan juga interlokal selama 300 menit. 

    Dengan segala benefit yang diberikan, diharapkan dapat memudahkan aktivitas semua keluarga di Indonesia selama di rumah saja saat pandemi. Berikut adalah pilihan Paket 3P yang tersedia dan bisa dipilih sesuai kebutuhan:

    1. Paket Up to 20 Mbps
      Paket Up to 20 Mbps bisa dibeli dengan harga hanya Rp 375.000 saja per bulannya. Akses koneksi internet, saluran TV dan nelpon bisa dinikmati oleh 3 sampai 5 perangkat.

    2. Paket Up to 50 Mbps
      Paket Up to 50 Mbps tersedia dengan harga Rp 590.000 per bulan dan dapat diakses oleh 10 sampai 12 perangkat.

    3. Paket Up to 100 Mbps
      Paket Up to 100 Mbps tersedia dengan harga Rp 945.000 per bulan dan dapat diakses oleh 12 sampai 18 perangkat. Cocok untuk bisnis skala kecil seperti café, warung internet ataupun kantor dengan sedikit karyawan. 

    4. Paket Up to 200 Mbps
      Paket Up to 200 Mbps tersedia dengan harga Rp 1.665.000 per bulan dan dapat diakses oleh 18 sampai 25 perangkat.

    5. Paket Up to 300 Mbps
      Paket Up to 300 Mbps tersedia dengan harga Rp 2.655.000 per bulan dan dapat diakses oleh 25 sampai 30 perangkat.

    Untuk semua jenis paket 3P yang dipilih, pengguna bisa mendapatkan benefit berupa bebas menelpon selama 300 menit baik lokal dan interlokal, akses ke 109 saluran TV, dan juga akses tidak terbatas ke tayangan Usee TV. Selain itu, IndiHome juga menawarkan 5 paket bonus yang bisa dipilih bebas. 

    1. Bonus Kids
      Pilihan bonus pertama yang bisa dipilih adalah Kids yang cocok dipilih orangtua yang memiliki anak usia sekolah di rumah. Tayangan Kids terdiri dari IndiHome Study yang dapat menemani anak belajar interaktif dan kreatif, IndiKids Bright serta Catchplay berisi film-film keluarga. 

    2. Bonus Movies 
      Bonus kedua adalah Movies berupa IndiMovie 2. Pelanggan bisa mengakses berbagai film-film box office dunia dari manapun berada.

    3. Bonus Music
      Di dalam bonus music terdiri dari akses menonton konser gratis, Langit Music (Gold), wifi.id Seamless, dan juga Catchplay untuk menonton berbagai film lokal dan internasional. 

    4. Bonus Gamers
      Bagi penggila game, bonus gamers sangat cocok untuk dipilih. Di dalamnya terdiri dari fitur Cloud Storage 8 GB serta benefit berupa voucher games gratis untuk mobile game online. Pengguna juga memperoleh akses ke Catchplay. 

    5. Bonus Entertainment
      Nikmati berbagai tayangan hiburan seru dari rumah dengan memilih bonus entertainment paket 3P. Di dalamnya terdiri dari bebas akses iflix, Catchplay, dan Upgrade STB Hybrid ATV. 

    Masa pandemi di rumah saja tidak harus selalu membosankan. Ada banyak aktivitas seru yang bisa dilakukan bersama keluarga dengan ditemani oleh paket-paket menarik dari IndiHome. Temani anak saat bermain permainan edukasi agar mereka tidak merasa bosan saat seharian di rumah.