Ciri-Ciri Kolesterol Rendah yang Jarang Disadari | IndiHome
28 DEC 2021        BLOG

Ciri-Ciri Kolesterol Rendah yang Jarang Disadari

Anda pasti sudah familiar dengan berbagai penyakit yang disebabkan oleh kolesterol tinggi, bukan? Akan tetapi, bagaimana dengan kolesterol rendah? Untuk menghindari dampak negatif yang ditimbulkan kolesterol rendah, sebaiknya kenali ciri-ciri kolesterol rendah yang jarang disadari.

Karena takut dengan bahaya yang mengintai akibat peningkatan kadar kolesterol. Beberapa orang memilih untuk menghindari makanan berlemak yang mengandung kolesterol. Padahal, kolesterol tidak selalu buruk. Dalam jumlah cukup, kolesterol bahkan berperan membantu produksi vitamin D.


Apa Itu Kolesterol?

Kolesterol adalah zat lemak yang bisa ditemukan pada hampir semua sel di dalam tubuh. Kolesterol diproduksi organ hati, dan sisanya didapatkan dari mengkonsumsi berbagai jenis makanan hewani, contohnya daging, susu serta produk turunannya, dan lain sebagainya.

Zat kolesterol seringkali dianggap sebagai penyebab timbulnya berbagai penyakit. Akan tetapi, tubuh manusia sebenarnya sangat membutuhkan kolesterol untuk membangun berbagai sel, memproduksi hormon yang berperan terhadap fungsi tubuh, dan membantu produksi vitamin.

Secara umum, kolesterol terdiri atas dua jenis, yaitu:

  • Kolesterol HDL / High Density Lipoprotein atau kolesterol baik.
  • Kolesterol LDL / Low Density Lipoprotein atau kolesterol jahat.


Faktor Penyebab Kolesterol Rendah

Kolesterol rendah dapat terjadi karena beberapa faktor, di antaranya adalah sebagai berikut:

  • Genetik (Keturunan)
  • Malnutrisi
  • Hipertiroidisme
  • Mengidap penyakit infeksi tertentu
  • Terdapat kanker dalam tubuh

Dampak Kolesterol Rendah

Kadar kolesterol rendah memang lebih baik jika dibandingkan kolesterol tinggi. Namun, saat angka kolesterol turun drastis dan bahkan sangat rendah, maka Anda perlu waspada. Dilansir dari Healthline, kondisi kolesterol rendah memberikan dampak buruk bagi kesehatan mental seseorang.

Studi yang dilakukan di Universitas Duke pada tahun 1998 menyebutkan, bahwa seseorang yang memiliki kolesterol rendah cenderung mengalami kecemasan dan depresi. Hal tersebut dikarenakan kolesterol berperan pada proses produksi hormon dan vitamin D yang penting bagi pertumbuhan sel.

Apabila jumlah vitamin D dalam tubuh tidak terpenuhi, maka akan menurunkan fungsi dan kinerja sel otak sehingga menimbulkan rasa cemas dan gelisah berlebihan, dan tidak jarang depresi.

Sementara itu, studi lain yang dipresentasikan di American College of Cardiology Scientific Sessions pada tahun 2012 mengungkapkan, bahwa terdapat hubungan antara kolesterol rendah dan resiko terkena kanker. Hanya saja, situasi masih masih membutuhkan penelitian lebih lanjut.

Selain itu juga disebutkan, jika wanita hamil yang mempunyai kadar kolesterol rendah selama masa kehamilan berisiko lebih tinggi dalam melahirkan bayi prematur (berat badan lahir rendah).


Ciri-Ciri Kolesterol Rendah

Seseorang dikatakan mengalami kondisi kolesterol rendah apabila kadar kolesterol total pada darah kurang dari 120 mg/dL, atau kadar kolesterol LDL (Low Density Lipoprotein) di bawah 50 mg/dL.

Kolesterol rendah memang berdampak besar terhadap kesehatan mental seseorang. Oleh karena itu, saat kadar kolesterol terlalu rendah, maka akan memicu timbulnya gejala, seperti di bawah ini:

  • Merasa putus asa
  • Gugup dan bimbang
  • Kesulitan dalam membuat keputusan
  • Perubahan suasana hati (mood), pola makan, dan pola tidur
  • Agitasi (mudah kesal karena hal-hal sepele)

Kalau Anda sedang menjalankan program diet tertentu atau mengkonsumsi obat yang dapat mempengaruhi kadar kolesterol, maka disarankan untuk memeriksakan diri ke dokter apabila mengalami salah satu dari gejala yang disebutkan di atas. Jadi, bisa diidentifikasi lebih lanjut.


Cara Mengatasi Kolesterol Rendah

Jangan berpikir bahwa kekurangan kolesterol (kolesterol rendah) bisa diatasi secara mudah hanya dengan mengonsumsi makanan berkolesterol tinggi. Karena kolesterol rendah berkaitan dengan kondisi mental, pengidapnya membutuhkan evaluasi kesehatan mental dan pola hidup lebih sehat.

Selain itu, konsumsi makanan sehat juga akan memberikan peran penting dalam mendukung kenaikan kadar kolesterol. Pada beberapa kasus, biasanya dokter juga akan memberikan obat antidepresan, yang harus dikonsumsi dengan jadwal dan takaran sesuai resep dari dokter.

Bagaimana cara mengetahui kadar kolesterol dalam darah? Dokter akan menganjurkan Anda melakukan tes darah. Apabila hasilnya menyatakan kolesterol Anda terlalu rendah, maka dokter akan melakukan evaluasi gaya hidup dan obat-obatan yang sedang dikonsumsi terlebih dahulu.


Kapan Waktu yang Tepat untuk Cek Kadar Kolesterol?

Pada dasarnya, Anda tidak perlu menunggu berbagai gejala muncul baru berinisiatif untuk melakukan cek kolesterol. Sebab kadar kolesterol memang sebaiknya dilakukan sedini mungkin secara berkala.

Dilansir dari The American Heart Association, setelah seseorang memasuki usia 20 tahun, kadar kolesterol sebaiknya di cek setiap 5 tahun sekali. Kecuali dalam kasus kolesterol terlalu rendah atau tinggi. Kemungkinan dokter akan menyarankan agar Anda melakukan cek kolesterol secara berkala.

Sebelum pemeriksaan kadar kolesterol dilakukan, Anda akan diminta mengikuti beberapa prosedur, seperti berpuasa selama 9-12 jam sebelum pengecekan. Tujuannya adalah mendapatkan nilai basal kolesterol tanpa intervensi. Oleh karena itu, sebaiknya melakukan pemeriksaan di pagi hari.


Cari Tahu Ciri-Ciri Mengalami Kolesterol Rendah dan Bagaimana Cara Mengatasinya dengan Promo Melalui
Platform Digital IndiHome

Meskipun terdengar sepele, namun apabila dibiarkan berlarut-larut kadar kolesterol yang terlalu rendah dapat mempengaruhi kondisi mental seseorang. Oleh karena itulah, penting bagi orang dewasa mengecek kolesterol secara berkala untuk mencegah hal-hal tidak diinginkan.

Salah satu cara ampuh menjaga kesehatan adalah dengan rajin mencari informasi seputar hal-hal yang diperlukan. Apalagi di zaman modern sekarang, Anda bisa mendapatkan beragam hal melalui internet, termasuk mencari tahu ciri-ciri memiliki kolesterol rendah, serta cara menanganinya.

Untuk kemudahan aktivitas berselancar di internet, sebaiknya Anda memilih provider terbaik yang menyediakan layanan internet kencang dan paling stabil, seperti IndiHome.

Apalagi, ada berbagai macam pilihan paket internet unlimited dengan segudang bonus menarik untuk memenuhi kebutuhan digital, yang bisa didapatkan di  Promo Melalui Platform Digital IndiHome.


Apa Saja Pilihan Paket di Promo Melalui
Platform Digital IndiHome?

Terdapat beberapa pilihan paket promo dengan beragam benefit yang bisa Anda jadikan sebagai alternatif solusi. Di bawah ini adalah daftar paket terlengkap di Promo Melalui Platform Digital IndiHome dan manfaat apa saja yang bisa didapatkan setelah berlangganan.

  • Paket 2P (Internet + Phone)
    Internet di jaringan super cepat mulai 20 Mbps – 100 Mbps, terdapat pilihan bebas akses Disney+ Hotstar, telepon rumah 100 menit, dan cashback Rp100.000.
  • Paket 2P (Internet + TV)
    Internet di jaringan super cepat mulai 30 Mbps – 100 Mbps, bebas menyaksikan ragam tayangan di 90+ channel televisi lokal dan mancanegara, dan akses ke berbagai layanan streaming populer, seperti Disney+ Hotstar, UseeTV GO, dan lainnya, serta cashback Rp100.000.
  • Paket 3P (Internet + TV + Phone)
    Anda dapat menikmati kenyamanan berselancar di internet dengan kecepatan hingga 300 Mbps, menonton tayangan TV dan video interaktif pada 90+ channel favorit, gratis nelpon hingga 100 menit, dan juga menonton drama atau film favorit di berbagai aplikasi streaming populer, seperti Disney+ Hotstar, UseeTV GO, dan lainnya, serta cashback Rp100.000.

Dengan dukungan internet unlimited dari Promo Melalui Platform Digital IndiHome, sekarang Anda bisa lebih mudah menemukan ciri-ciri kolesterol rendah dan apa bahayanya. Jadi, bisa melakukan langkah-langkah pencegahan sejak dini, seperti kata pepatah “Sedia payung sebelum hujan”.