Cara Meningkatkan Produktivitas dan Kinerja Pegawai BUMN | IndiHome
25 DEC 2020        BLOG

Cara Meningkatkan Produktivitas dan Kinerja Pegawai BUMN

Pandemi memang mengubah banyak hal, termasuk bagaimana cara kita bekerja, yang tentunya sangat berbeda dibandingkan dengan biasanya. Jika Anda HR BUMN atau karyawan BUMN, maka harus tahu cara meningkatkan produktivitas dan kinerja pegawai BUMN saat WFH (Work From Home).

Ya, dengan suasana kerja yang sama sekali berbeda dan asing plus target yang tidak berubah, perlu dipikirkan kiat-kiat khusus agar bobot kerja karyawan sama persis ketika mereka kerja di kantor. Jangan khawatir, berikut kiat-kiat agar produktivitas dan kinerja pegawai BUMN tetap terjaga.


Cara Meningkatkan Produktivitas dan Kinerja Pegawai BUMN Selama WFH

  1. Bangun Lebih Pagi

    Sama seperti ketika Anda bekerja di kantor, bekerja dari rumah atau WFH pun harus dimulai dengan hal yang positif, salah satunya adalah bangun tidur di jam biasanya atau bahkan lebih pagi. Bangun lebih pagi akan membantu Anda mengumpulkan mood lebih cepat dan tidak harus terburu-buru.

    Anda memang tidak diharuskan berangkat jam 6 atau jam 7 dan sampai kantor jam 8, namun dengan tetap bangun pagi bisa membangun suasana dan semangat kerja yang sama dengan bekerja di kantor. Sebelum bekerja, Anda bisa mengawali dengan minum kopi/teh, meditasi dan lain sebagainya.

    Inti dari bangun pagi di atas adalah untuk mempersiapkan tubuh dan otak agar bisa berfungsi secara optimal meski bekerja dari rumah. Ketika badan, mental dan otak siap, maka produktivitas dan kinerja pun bisa ditingkatkan.


  2. Mandi dan Dress Up dengan Pantas

    Meskipun harus kerja dari rumah, mandi tetap tidak boleh ditinggalkan. Beberapa orang terkadang mandi karena tidak ingin menguarkan aroma yang busuk ketika bertemu orang lain, padahal mandi bermanfaat untuk tubuh secara keseluruhan, misalnya saja:

    • Meningkatkan sistem imunitas tubuh, yang mana sangat berhubungan dengan kondisi dunia yang diporak-porandakan oleh Covid-19.
    • Mengatasi depresi, terutama Anda yang masih beradaptasi dengan suasana kerja di rumah yang berbeda jauh dengan kantor.
    • Mengurangi risiko darah tinggi, memperlancar sirkulasi darah dan masih banyak yang lainnya.

    Nah, setelah mandi, jangan lupa untuk berpakaian dengan rapi, sama seperti ketika Anda berpakaian untuk pergi bekerja ke kantor. Setidaknya hal ini bisa mengembalikan suasana kerja di kantor yang penuh semangat. Anda juga akan kelihatan profesional dan menarik ketika harus melakukan room meeting.

  3. Jangan Lewatkan Sarapan dan Makan Siang

    Diakui atau tidak, bekerja di rumah terkadang membutuhkan effort yang lebih banyak dibandingkan dengan bekerja di kantor. Karena itu, Anda butuh membekali badan dan otak Anda dengan asupan yang sehat dan bergizi, entah untuk sarapan atau makan siang.

    Karena itu, sesibuk dan sebanyak apapun pekerjaan, jangan pernah lupa untuk makan pagi dan makan siang. Makan siang juga bisa Anda gunakan sebagai waktu istirahat sejenak dan dan me-restart badan dan otak sebelum mulai bekerja kembali.


  4. Buat To Do List

    Untuk memudahkan Anda menyelesaikan deadline pekerjaan, maka bisa membuat To Do List. Selain bisa mengatur waktu dengan mudah, membuat To Do List juga akan membantu Anda menyelesaikan target pekerjaan per hari atau per minggu dengan efektif dan efisien.

    Membuat To Do List harus Anda sesuaikan dengan skala prioritas dan deadline, agar semua task bisa diselesaikan tepat waktu. Anda bisa membuat To Do List di kertas dan menempelkannya di ruang kerja atau menuliskannya di buku agenda yang bisa digunakan sehari-hari.

    Jika tidak, Anda juga bisa menggunakan aplikasi To Do List yang bisa diunduh gratis di Play Store/App Store. Aplikasi tersebut bahkan bisa mengingatkan Anda jika task yang harus diselesaikan sudah hampir mendekati due date.


  5. Buat Ruang Kerja WFH Senyaman Mungkin

    Percaya atau tidak, ruangan kerja yang nyaman bisa membuat kinerja dan produktivitas meningkat. Karena itu, selama bekerja di rumah, Anda bisa membuat ruangan kerja yang nyaman, mulai dari tata letaknya, penerangan bahkan hingga wewangian.

    Meski tidak bisa mengembalikan suasana kubikel di kantor, setidaknya ruangan kerja di rumah bisa menguatkan semangat dan etos kerja yang tidak jauh berbeda. Jangan lupa juga untuk membersihkan ruangan kerja agar aktivitas WFH selalu optimal.


  6. Jangan Lupa Olahraga

    Karena pandemi, banyak orang tidak bisa lagi leluasa mengerjakan berbagai hal di luar rumah, salah satunya adalah olahraga. Nah, karena sekarang ada sistem WFH, kebutuhan akan olahraga semakin meningkat, untuk menjaga kesehatan dan imunitas tubuh agar tidak drop dan justru menjadi rawan terinfeksi virus.

    Selain melakukan olahraga rutin yang bisa dilakukan di rumah seperti push up, sit up, treadmill dan semacamnya, Anda harus relaksasi tubuh saat WFH. Setiap dua jam sekali, Anda bisa bergerak dan meregangkan tubuh seperti jalan kaki, stretching dan semacamnya.


  7. Jangan Korupsi Waktu

    Bekerja dari rumah memang terlihat fleksibel, namun tetap harus bertanggung jawab. Anda tidak bisa berleha-leha mengerjakan hal yang tidak penting sehingga tidak bisa submit job sesuai deadline. Meskipun kerja di rumah, kedisiplinan kerja tetap harus diutamakan.

    Jadi patuhi peraturan terbaru yang diterapkan BUMN selama WFH ini, sehingga Anda tidak mendapatkan masalah, seperti mendapatkan teguran atau pekerjaan yang terbengkalai. Perusahaan dan karyawan harus bekerja sama dan berkomitmen agar bisa melalui waktu yang berat ini dengan sukses.


  8. Gunakan Perangkat Kerja Terbaik

    Laptop dan smartphone adalah dua peralatan kerja yang mutlak dibutuhkan selama WFH. Jadi pastikan Anda memiliki laptop dan smartphone yang bisa menunjang kinerja dan produktivitas selama bekerja di rumah.

    Dengan laptop yang bisa bekerja dengan baik alias tidak sering error, Anda bisa menyelesaikan deadline dengan cepat tanpa hambatan. Smartphone yang baik juga memungkinkan tetap standby dan bisa berkomunikasi dengan tim maupun manajer secara optimal.


  9. Gunakan Aplikasi Manajemen Karyawan

    Khusus untuk perusahaan (dalam hal ini BUMN), maka bisa menggunakan aplikasi yang bisa mengatur karyawan dengan baik dan mudah selama mereka bekerja di rumah. Banyak aplikasi yang bisa digunakan untuk meningkatkan produktivitas dan kinerja pegawai BUMN selama WFH.

    Secara umum, aplikasi manajemen karyawan tersebut akan bermanfaat untuk:
    • Delegasi job desc
    • Rekam absensi
    • Rekam aktivitas
    • Penggajian
    • Media sosial internal dan masih banyak lagi.


  10. Gunakan Paket Internet Super Cepat IndiHome Paket BUMN

    Selama WFH, penting untuk menggunakan jaringan internet cepat dan stabil sehingga acara room meeting, delegasi tugas dan komunikasi antar tim bisa berjalan tanpa masalah. Kami merekomendasikan Anda untuk menggunakan IndiHome Paket BUMN.

    Berikut rincian paketnya:
    • Rp360.000/bulan (up to 20 Mbps, untuk 3 - 5 perangkat).
    • Rp445.000/bulan (up to 30 Mbps, untuk 5 - 7 perangkat).
    • Rp525.000/bulan (up to 40 Mbps, untuk 7 - 10 perangkat).
    • Rp590.000/bulan (up to 50 Mbps, untuk 10 - 12 perangkat).
    • Rp950.000/bulan (up to 100 Mbps, untuk 12 - 18 perangkat).

Bekerja dari rumah bagi pegawai BUMN memang menjadi tantangan, karena semua pihak harus meningkatkan produktivitas dan kinerja pegawai BUMN selama WFH agar sama seperti ketika bekerja di kantor. Namun dengan adanya IndiHome Paket BUMN, tantangan tersebut bisa dilalui dengan lebih mudah.