Pandemi memang mengubah banyak hal, termasuk bagaimana cara kita bekerja, yang
tentunya sangat berbeda dibandingkan dengan biasanya. Jika Anda HR BUMN atau
karyawan BUMN, maka harus tahu cara meningkatkan produktivitas dan kinerja
pegawai BUMN saat WFH (Work From Home).
Ya, dengan suasana kerja yang sama sekali berbeda dan asing plus target yang
tidak berubah, perlu dipikirkan kiat-kiat khusus agar bobot kerja karyawan
sama persis ketika mereka kerja di kantor. Jangan khawatir, berikut kiat-kiat
agar produktivitas dan kinerja pegawai BUMN tetap terjaga.
Cara Meningkatkan Produktivitas dan Kinerja Pegawai BUMN Selama
WFH
-
Bangun Lebih PagiSama seperti ketika Anda
bekerja di kantor, bekerja dari rumah atau WFH pun harus dimulai dengan hal
yang positif, salah satunya adalah bangun tidur di jam biasanya atau bahkan
lebih pagi. Bangun lebih pagi akan membantu Anda mengumpulkan mood lebih
cepat dan tidak harus terburu-buru.
Anda memang tidak diharuskan
berangkat jam 6 atau jam 7 dan sampai kantor jam 8, namun dengan tetap
bangun pagi bisa membangun suasana dan semangat kerja yang sama dengan
bekerja di kantor. Sebelum bekerja, Anda bisa mengawali dengan minum
kopi/teh, meditasi dan lain sebagainya.
Inti dari bangun pagi di
atas adalah untuk mempersiapkan tubuh dan otak agar bisa berfungsi secara
optimal meski bekerja dari rumah. Ketika badan, mental dan otak siap, maka
produktivitas dan kinerja pun bisa ditingkatkan.
-
Mandi dan Dress Up dengan PantasMeskipun harus
kerja dari rumah, mandi tetap tidak boleh ditinggalkan. Beberapa orang
terkadang mandi karena tidak ingin menguarkan aroma yang busuk ketika
bertemu orang lain, padahal mandi bermanfaat untuk tubuh secara keseluruhan,
misalnya saja:
-
Meningkatkan sistem imunitas tubuh, yang mana sangat berhubungan dengan
kondisi dunia yang diporak-porandakan oleh Covid-19.
-
Mengatasi depresi, terutama Anda yang masih beradaptasi dengan suasana
kerja di rumah yang berbeda jauh dengan kantor.
-
Mengurangi risiko darah tinggi, memperlancar sirkulasi darah dan masih
banyak yang lainnya.
Nah, setelah mandi, jangan lupa untuk berpakaian dengan rapi, sama seperti
ketika Anda berpakaian untuk pergi bekerja ke kantor. Setidaknya hal ini
bisa mengembalikan suasana kerja di kantor yang penuh semangat. Anda juga
akan kelihatan profesional dan menarik ketika harus melakukan room
meeting.
-
Jangan Lewatkan Sarapan dan Makan SiangDiakui
atau tidak, bekerja di rumah terkadang membutuhkan effort yang lebih banyak
dibandingkan dengan bekerja di kantor. Karena itu, Anda butuh membekali
badan dan otak Anda dengan asupan yang sehat dan bergizi, entah untuk
sarapan atau makan siang.
Karena itu, sesibuk dan sebanyak apapun
pekerjaan, jangan pernah lupa untuk makan pagi dan makan siang. Makan siang
juga bisa Anda gunakan sebagai waktu istirahat sejenak dan dan me-restart
badan dan otak sebelum mulai bekerja kembali.
-
Buat To Do ListUntuk memudahkan Anda
menyelesaikan deadline pekerjaan, maka bisa membuat To Do List. Selain bisa
mengatur waktu dengan mudah, membuat To Do List juga akan membantu Anda
menyelesaikan target pekerjaan per hari atau per minggu dengan efektif dan
efisien.
Membuat To Do List harus Anda sesuaikan dengan skala
prioritas dan deadline, agar semua task bisa diselesaikan tepat waktu. Anda
bisa membuat To Do List di kertas dan menempelkannya di ruang kerja atau
menuliskannya di buku agenda yang bisa digunakan sehari-hari.
Jika
tidak, Anda juga bisa menggunakan aplikasi To Do List yang bisa diunduh
gratis di Play Store/App Store. Aplikasi tersebut bahkan bisa mengingatkan
Anda jika task yang harus diselesaikan sudah hampir mendekati due date.
-
Buat Ruang Kerja WFH Senyaman MungkinPercaya
atau tidak, ruangan kerja yang nyaman bisa membuat kinerja dan produktivitas
meningkat. Karena itu, selama bekerja di rumah, Anda bisa membuat ruangan
kerja yang nyaman, mulai dari tata letaknya, penerangan bahkan hingga
wewangian.
Meski tidak bisa mengembalikan suasana kubikel di
kantor, setidaknya ruangan kerja di rumah bisa menguatkan semangat dan etos
kerja yang tidak jauh berbeda. Jangan lupa juga untuk membersihkan ruangan
kerja agar aktivitas WFH selalu optimal.
-
Jangan Lupa OlahragaKarena pandemi, banyak
orang tidak bisa lagi leluasa mengerjakan berbagai hal di luar rumah, salah
satunya adalah olahraga. Nah, karena sekarang ada sistem WFH, kebutuhan akan
olahraga semakin meningkat, untuk menjaga kesehatan dan imunitas tubuh agar
tidak drop dan justru menjadi rawan terinfeksi virus.
Selain
melakukan olahraga rutin yang bisa dilakukan di rumah seperti push up, sit
up, treadmill dan semacamnya, Anda harus relaksasi tubuh saat WFH. Setiap
dua jam sekali, Anda bisa bergerak dan meregangkan tubuh seperti jalan kaki,
stretching dan semacamnya.
-
Jangan Korupsi WaktuBekerja dari rumah memang
terlihat fleksibel, namun tetap harus bertanggung jawab. Anda tidak bisa
berleha-leha mengerjakan hal yang tidak penting sehingga tidak bisa submit
job sesuai deadline. Meskipun kerja di rumah, kedisiplinan kerja tetap harus
diutamakan.
Jadi patuhi peraturan terbaru yang diterapkan BUMN
selama WFH ini, sehingga Anda tidak mendapatkan masalah, seperti mendapatkan
teguran atau pekerjaan yang terbengkalai. Perusahaan dan karyawan harus
bekerja sama dan berkomitmen agar bisa melalui waktu yang berat ini dengan
sukses.
-
Gunakan Perangkat Kerja TerbaikLaptop dan
smartphone adalah dua peralatan kerja yang mutlak dibutuhkan selama WFH.
Jadi pastikan Anda memiliki laptop dan smartphone yang bisa menunjang
kinerja dan produktivitas selama bekerja di rumah.
Dengan laptop
yang bisa bekerja dengan baik alias tidak sering error, Anda bisa
menyelesaikan deadline dengan cepat tanpa hambatan. Smartphone yang baik
juga memungkinkan tetap standby dan bisa berkomunikasi dengan tim maupun
manajer secara optimal.
-
Gunakan Aplikasi Manajemen KaryawanKhusus
untuk perusahaan (dalam hal ini BUMN), maka bisa menggunakan aplikasi yang
bisa mengatur karyawan dengan baik dan mudah selama mereka bekerja di rumah.
Banyak aplikasi yang bisa digunakan untuk
meningkatkan produktivitas dan kinerja pegawai BUMN selama
WFH.
Secara umum, aplikasi manajemen karyawan tersebut akan
bermanfaat untuk:
- Delegasi job desc
- Rekam absensi
- Rekam aktivitas
- Penggajian
- Media sosial internal dan masih banyak lagi.
-
Gunakan Paket Internet Super Cepat IndiHome Paket BUMNSelama WFH, penting untuk menggunakan jaringan internet cepat dan stabil
sehingga acara room meeting, delegasi tugas dan komunikasi antar tim bisa
berjalan tanpa masalah. Kami merekomendasikan Anda untuk menggunakan
IndiHome Paket BUMN.
Berikut rincian paketnya:
- Rp360.000/bulan (up to 20 Mbps, untuk 3 - 5 perangkat).
- Rp445.000/bulan (up to 30 Mbps, untuk 5 - 7 perangkat).
- Rp525.000/bulan (up to 40 Mbps, untuk 7 - 10 perangkat).
- Rp590.000/bulan (up to 50 Mbps, untuk 10 - 12 perangkat).
-
Rp950.000/bulan (up to 100 Mbps, untuk 12 - 18 perangkat).
Bekerja dari rumah bagi pegawai BUMN memang menjadi tantangan, karena semua
pihak harus
meningkatkan produktivitas dan kinerja pegawai BUMN selama
WFH agar sama seperti ketika bekerja di kantor. Namun dengan adanya IndiHome
Paket BUMN, tantangan tersebut bisa dilalui dengan lebih mudah.