Cara Belajar Membaca Al-Qur’an dan Keutamaan Baca Quran | IndiHome
7 APR 2021        BLOG

Cara Belajar Membaca Al-Qur’an dan Keutamaan Baca Quran

Sejak usia dini anak-anak muslim memang telah mulai dibiasakan belajar membaca Al-Qur’an yang merupakan kitab suci umat Islam. Membaca Al-Qur’an termasuk salah satu ibadah paling utama, sebab ada berbagai macam manfaat dan keutamaan yang bisa didapatkan saat baca Quran.

Membaca Al-Qur’an bukanlah hal mudah, membutuhkan niat, tekad, konsentrasi, dan usaha keras agar bisa menguasai bacaan dalam kitab suci, lalu mulai menghafal surat-surat pendek. Meskipun begitu, dengan mengingat segudang keutamaannya, proses belajar akan terasa lebih mudah.

10 Panduan Membaca Al-Qur’an untuk Pemula

Seorang muslim memang diwajibkan dapat membaca Al-Qur’an secara baik dan benar serta memahami maknanya. Apalagi, surat-surat pendek dari kitabullah merupakan bacaan saat salat. Kalau tidak paham bacaan dalam Al-Qur’an, lalu bagaimana hendak salat?

Bagi pemula, proses belajar membaca kitab suci Al-Qur’an sudah pasti bukanlah suatu hal yang mudah. Terlebih kalau baru akan mulai belajar ketika sudah dewasa. Meskipun begitu, dengan niat dan tekad yang kuat, maka tidak ada hal yang mustahil untuk bisa dilakukan, termasuk membaca Al-Qur’an.

Bagi Anda yang berniat belajar membaca dan menghafal Quran, berikut ini adalah beberapa panduan untuk diaplikasikan:

  1. Mengenal Dasar Huruf Hijaiyah
    Bahasa tertulis dalam Al-Qur’an adalah Arab, oleh karena itu langkah awal dalam mempelajarinya adalah mengenal huruf ejaan bahasa Arab (Hijaiyah). Dalam bahasa Indonesia, Hijaiyah dapat dikatakan seperti huruf abjad A B C D E F G H, dst.

  2. Mengenal Harakat (Tanda Baca)
    Dalam membaca Al-Qur’an Anda juga perlu memperhatikan tanda baca atau harakat. Hal tersebut dikarenakan harakat berfungsi sebagai penentu pelafalan huruf hijaiyah. Untuk pengenalan lebih detail, maka bisa membeli buku tajwid Al-Qur’an.

  3. Mengenal Bacaan Tajwid
    Ilmu tajwid digunakan untuk mengetahui cara menyuarakan huruf hijaiyah dengan baik dan benar. Kalau dalam bahasa Inggris, tajwid bisa dikatakan sebagai grammar. Tajwid dalam bahasa Arab terdiri atas idgham, idzhar, iqlab, ikhfa’, qalqalah, dan sebagainya.

  4. Belajar Sungguh-Sungguh
    Supaya cepat lancar dalam membaca Al-Qur’an, maka diperlukan kemauan untuk belajar secara sungguh-sungguh. Sebab harus diingat, bahwa belajar membaca kitabullah termasuk salah satu ibadah dan akan mendapatkan imbalan pahala berlipat ganda dari Allah Swt.

  5. Mengetahui Isyarat Tanda Baca
    Dalam Al-Qur’an ada bermacam-macam isyarat tanda baca, seperti mad wajib muttasil dan mad arid lissukun, di mana keduanya memiliki cara baca berbeda. Berbagai isyarat tersebut umumnya memiliki nama hampir serupa, oleh karena itu harus dipelajari dengan baik.

  6. Praktik Membaca Al-Qur’an
    Anda tidak akan bisa fasih membaca Al-Qur’an jika tidak sering latihan mempraktekkannya. Untuk meminimalisir terjadinya kesalahan, maka sebaiknya latihan membaca Quran didampingi oleh orang yang sudah paham, bisa orang tua, kakak, atau guru mengaji.

  7. Membuat Jadwal Rutin Membaca Al-Qur’an
    Dalam usaha lancar membaca kitabullah, Anda juga perlu mengalokasikan waktu dengan membuat jadwal rutin membaca Al-Qur’an. Jangan hanya membaca saat Anda memiliki waktu luang, namun alangkah baiknya kalau mempersiapkan waktu khusus untuk membaca.

  8. Mencari Guru Mengaji
    Belajar pada ahli memang merupakan cara terbaik untuk menguasai bacaan Al-Qur’an. Hal tersebut dikarenakan dengan adanya guru mengaji, maka dapat mempersingkat waktu belajar, sebab jika ada suatu hal yang belum paham Anda bisa langsung bertanya.

  9. Belajar Melalui Video Tutorial
    Di era digital sekarang, segala hal dapat dengan mudah ditemukan di internet, termasuk video tutorial belajar baca Al-Qur’an untuk pemula. Jadi, tak ada lagi alasan untuk tidak bisa membaca Al-Qur’an, karena Anda bisa belajar kapan saja dan di mana saja.

  10. Memotivasi Diri dengan Mengingat Keutamaan Membaca Al-Qur’an
    Dalam proses belajar membaca dan mendalami kitabullah, rasa bosan dan malas sudah pasti ada. Namun, Anda harus bisa melawannya. Salah satunya adalah dengan terus memotivasi dan meyakinkan diri akan manfaat yang akan didapatkan saat membaca Quran.

 

Apa Saja Keutamaan Membaca Al-Qur’an?

Dikutip dari salah satu hadis riwayat Abdullah Ibnu Mas’ud, Rasulullah saw  bersabda:

“Siapa saja membaca satu huruf dari kitabullah (Al-Qur’an), maka dia akan mendapat satu kebaikan. Sedangkan satu kebaikan dilipatkan kepada sepuluh semisalnya, Aku tidak mengatakan alif lam mim satu huruf. Akan tetapi, alif satu huruf, lam satu huruf, dan mim satu huruf,” (HR. At-Tirmidzi).

Di bawah ini adalah beberapa keutamaan membaca Al-Qur’an:

  • Memperoleh pahala
  • Mendapat syafaat pada hari kiamat
  • Pencapaian lebih baik dibandingkan harta dunia
  • Perniagaan yang tidak pernah merugi
  • Membawa kebaikan bagi pembaca

Belajar Membaca Al-Qur’an Melalui Tutorial Video Semakin Terasa Mudah dan Menyenangkan dengan Paket 2P dari IndiHome

Di masa pandemi Covid-19 seperti sekarang yang mengharuskan setiap orang untuk sebisa mungkin stay at home dan menerapkan physical distancing, tentu akan sulit jika Anda belajar Al-Qur’an hanya dengan mengandalkan kunjungan guru mengaji, atau belajar ngaji bersama teman saja.

Selain itu, walaupun mengambil les privat, waktu belajarnya juga sangat terbatas sehingga Anda tidak mungkin bisa mahir membaca dan menguasai bacaan Al-Qur’an dalam waktu singkat. Di era digital seperti sekarang, Anda sebenarnya bisa memanfaatkan internet untuk menunjang kegiatan belajar.

Ada beragam video tutorial cara membaca Quran di platform YouTube yang dapat dijadikan sebagai panduan belajar. Terlebih lagi, semua video tersebut dapat diakses secara gratis, hanya dengan modal gadget atau smartphone dan kuota internet yang memadai saja.

Akan tetapi, kalau sedang asyik belajar mengenal bacaan Al-Qur’an tiba-tiba terjadi buffering atau koneksi internet terputus pasti terasa sangat menyebalkan, bukan? Pasalnya, konten video memang memiliki size cukup besar, sehingga membutuhkan jaringan internet lebih stabil.

Agar kegiatan belajar membaca Quran di rumah bisa dilakukan bebas hambatan tanpa gangguan koneksi internet lambat, sebaiknya Anda berlangganan Paket 2P dari IndiHome. Paket 2P ini terdiri atas 2 pilihan produk, yakni 2P (Internet+TV) dan 2P (Internet+Phone).

Dengan berlangganan Paket 2P dari IndiHome, Anda bisa bebas menikmati koneksi internet super cepat, mengakses beragam tayangan televisi berkualitas, dan bonus bebas nelpon selama 300 menit di jaringan telepon lokal dan interlokal.

Apa Perbedaan Paket 2P (Internet+Phone) dan Paket 2P (Internet+TV)?

Kalau Anda bingung memilih berlangganan Paket 2P yang mana, maka perbedaan benefit-nya bisa dilihat di bawah ini. Dengan begitu, maka Anda bisa memilih paket sesuai kebutuhan di rumah.

  • Paket 2P (Internet+Phone)
    • Puas internetan di jaringan stabil dengan kecepatan mulai 20 Mbps hingga 100 Mbps.
    • Bebas nelpon selama 300 menit.
    • Bonus layanan Study & Entertainment (pilih salah satu).
  • Paket 2P (Internet+TV)
    • Nikmati internet dengan kecepatan mulai 20 Mbps hingga 100 Mbps.
    • Akses ke beragam channel TV interaktif + bebas akses aplikasi UseeTV GO.
    • Bonus layanan Study, Movies, dan Music (pilih salah satu).


Aktivitas belajar membaca Al-Qur’an selama masa pandemi menjadi lebih mudah dan menyenangkan dengan berlangganan layanan internet cepat Paket 2P dari IndiHome. Tanpa adanya gangguan koneksi internet, maka Anda akan lebih cepat fasih dalam membaca Al-Qur’an.