Budget Terbatas? Ini Tips Menghadirkan Konsep Fine Dining di Rumah Sendiri | IndiHome
20 JAN 2022        BLOG

Budget Terbatas? Ini Tips Menghadirkan Konsep Fine Dining di Rumah Sendiri

Siapa bilang kalau makan fine dining harus di restoran mahal atau hotel bintang lima? Dengan bermodalkan kreativitas dan resep memasak menu dari internet, Anda bisa menghadirkan konsep fine dining di rumah sendiri. Meskipun low budget, tapi fine dining di rumah juga bisa tetap spesial.

Fine dining mengacu pada makan ala restoran dalam balutan suasana mewah dan berkelas, dengan hidangan menu beragam, mulai dessert hingga appetizer. Biasanya, fine dining diselenggarakan dalam rangka perjamuan bisnis, bersosialisasi, atau merayakan hari spesial dengan pasangan.


3 Tips Ampuh Menciptakan Konsep
Fine Dining di Rumah Sendiri

Ingin merasakan sensasi makan malam di restoran fine dining tapi terkendala pandemi? Jangan khawatir, Anda bisa membawa konsep ala fine dining di rumah dengan menerapkan tips di bawah ini:

  1. Siapkan Alas untuk Meja Makan
    Menata meja makan untuk acara jamuan makan malam formal, seperti fine dining sebenarnya memang tidak begitu sulit. Anda hanya perlu fokus pada pemilihan set peralatan makan dan kemudian menatanya dengan rapi, supaya area meja makan tampak berkelas.

    Usahakan memilih taplak meja makan yang bernuansa elegan namun simple. Meskipun terlihat sepele, namun keberadaan alas meja memiliki pengaruh yang cukup besar. Karenanya, pilihlah taplak yang bisa memberikan kesan hangat dan menawan.
  2. Memilih Peralatan Makan
    Konsep fine dining identik dengan nuansa mewah dan elegan. Oleh sebab itu, sebaiknya gunakan set peralatan makan dari material bagus, seperti silverware atau porcelain.
  3. Susun Alat Makan Sesuai Urutan Table Manner
    Menata peralatan makan merupakan salah satu hal paling penting dalam menciptakan konsep fine dining. Anda bisa mulai meletakkan piring, lalu mangkuk sup, gelas, sendok, garpu, dan pisau, dsb. Jangan lupa, perhatikan susunan berbagai elemen secara detail.


Hadirkan Menu Masakan Spesial untuk Melengkapi
Fine Dining Mewah

Bingung mau menghadirkan menu masakan apa untuk menyelenggarakan konsep fine dining di rumah? Berbagai resep lezat dari Chef Willy Liem, yang merupakan Head Chef dari Turning Point Coffee bisa Anda pertimbangkan. Apalagi, resep masakannya cukup mudah untuk dipelajari.

Chef Willy mengatakan, bahwa biasanya ia mendapatkan inspirasi membuat sajian fine dining kreatif dengan sering bepergian ke pasar tradisional. Ia mengaku, saat melihat aneka sayuran segar ia terinspirasi untuk membuat berbagai macam jenis menu hidangan yang unik.

“Saya menyukai dunia memasak sejak kecil. Waktu itu, nenek saya mengajak ke dapur dan meminta saya memotong sayur untuk dijadikan sup. Dari situlah kecintaan saya pada dunia tata boga dimulai,” ujarnya.


Cara Menciptakan Suasana Tepat untuk
Fine Dining di Rumah

Menurut Chef Willy, keberhasilan menciptakan konsep fine dining bukan hanya terletak pada makanan saja, namun juga momen yang dihadirkan. Oleh sebab itu, sediakan waktu ekstra untuk mempersiapkan meja agar suasana pada ruang makan terasa lebih hangat dan nyaman.

Jika Anda ingin menghidangkan makanan fine dining untuk momen spesial, Anda dapat mengaplikasikan placement, table runner, dan keluarkan juga koleksi cutlery set premium yang dapat mendukung kesan mewah elegan, sehingga semua orang bisa menikmati hidangan dengan senang.


Apa Saja Menu
Fine Dining dari Chef Willy Liem yang Dapat Dicoba?

Setelah memahami cara menata meja makan dan peralatannya. Tentunya sekarang Anda sudah tidak sabar untuk berkreasi dengan resep hidangan spektakuler ala Chef Willy, bukan? Salah satu resep praktis yang bisa dijadikan referensi adalah udang bakar saus mau dan kembang kol goreng.

Chef Willy menjelaskan, “Kembang kol ini kalau digoreng dengan irisan bawang putih dan cabai, lalu ditambahkan cincangan daun parsley, hasilnya sudah sangat enak.”

Supaya tidak penasaran, di bawah ini adalah daftar bahan-bahan masakan dan panduan cara membuat menu udang bakar saus madu dan kembang kol goreng super tasty andalan Chef Willy.

Bahan-bahan menu kembang kol goreng:

  • Kembang kol
  • Tepung bumbu
  • Telur ayam
  • Tepung panir

Panduan memasak:

  • Potong bunga kol dengan ketebalan sekitar 1 cm.
  • Taburi dengan tepung bumbu favorit.
  • Lapisi dengan telur yang sudah diaduk merata.
  • Oleskan tepung panir.
  • Diamkan sekitar 15 menit.
  • Goreng bunga kol dalam minyak panas hingga warnanya berubah kecoklatan.
  • Sajikan di atas piring.

Sementara itu, untuk membuat udang bakar saus madu, siapkan bahan-bahan seperti:

  • Udang
  • Bumbu dari kombinasi minyak goreng, bawang putih, cabai rawit, madu, dan kecap asin
  • Daun parsley

Panduan memasak:

  • Potong udang memanjang belah tengah.
  • Marinasi udang dalam campuran bumbu yang sudah disediakan.
  • Bakar udang sambil dilumuri bumbu yang telah diracik sebelumnya.
  • Tunggu hingga tekstur udang empuk.
  • Angkat dan tata rapi di atas piring.
  • Taburi dengan daun parsley cincang

N.B. Sebaiknya sajikan kedua menu di atas dalam keadaan masih hangat agar rasanya lebih nikmat.


Temukan Ragam Tips dan Resep Menu Spesial untuk Membawa Konsep
Fine Dining di Rumah Lebih Mudah dengan Promo Melalui Platform Digital IndiHome

Setelah membaca resep masakan mewah tapi praktis dari Chef Willy di atas, pastinya Anda merasa penasaran untuk mengetahui resep lain, bukan? Apalagi, ternyata membuat hidangan fine dining berkelas ternyata tidak sesulit yang dibayangkan. Bahkan, bahan yang harus disediakan juga simple.

Kabar baiknya, sekarang Anda bisa dengan mudah menemukan berbagai tips menciptakan konsep fine dining, mulai dari cara menata meja makan beserta peralatannya hingga belajar berbagai resep hidangan spesial dari chef ternama melalui internet maupun acara TV khusus masak-masak.

Supaya usaha Anda dalam mencari inspirasi seputar fine dining tidak terganggu, sebaiknya jangan sampai ketinggalan Promo Melalui Platform Digital IndiHome. Selain hadir dengan berbagai penawaran istimewa dan harga super terjangkau, yaitu mulai Rp275.000/bulan, dan beragam pilihan paket, Promo Melalui Platform Digital IndiHome juga memberikan bonus cashback spesial LinkAja senilai Rp100.000.

Bayangkan, dengan modal Rp275.000 saja, Anda sudah bisa menikmati berbagai layanan berkualitas dari IndiHome untuk memenuhi kebutuhan digital semua orang di rumah. Mulai dari internet dengan kecepatan up to 300 Mbps, ratusan pilihan channel televisi, hingga gratis nelpon. Apalagi, Anda juga bisa menikmati bonus tambahan, berupa 53 channel TV selama 3 bulan berturut-turut.

Temukan berbagai inspirasi menghadirkan fine dining di rumah sendiri dengan berlangganan salah satu paket internet IndiHome melalui Promo Melalui Platform Digital IndiHome.