Banjir Pahala di Bulan Ramadan dan Bahagiakan yang Terdampak Pandemi dengan Sedekah | IndiHome
22 APR 2021        BLOG

Banjir Pahala di Bulan Ramadan dan Bahagiakan yang Terdampak Pandemi dengan Sedekah

Di masa serba sulit akibat pandemi Covid-19 yang melanda dunia saat ini, membuat banyak pihak ikut terdampak, baik secara kesehatan ataupun perekonomian. Islam sangat menganjurkan umatnya untuk bersedekah di masa yang sangat sulit seperti hari ini. Ada banyak keutamaan sedekah yang bisa diraih.

Saat pandemi melanda dunia, ada banyak pihak kehilangan pekerjaan hingga sulit memberi makan keluarga. Memberi makan orang lain yang kesusahan terutama ketika bulan Ramadan akan mendatangkan pahala yang berlipat dan rezeki yang lebih. Berikut manfaat sedekah di bulan Ramadan.

6 Keutamaan Sedekah di Bulan Ramadan dan di Masa Pandemi

  1. Amalan yang Sangat Dicintai oleh Allah
    Sedekah dan berinfak adalah amalan yang sangat dicintai oleh Allah Swt. Apalagi jika amalan baik tersebut Anda lakukan di bulan suci Ramadan dan di masa pandemi seperti saat ini, maka kebaikan dari bersedekah akan dilipatgandakan oleh Allah Swt. hingga berkali lipat.

    Di dalam hadis riwayat Al-Baihaqi, Rasulullah saw. menyampaikan bahwa Allah memiliki sifat Maha Memberi. Allah sangat mencintai sikap dermawan dan juga akhlak yang mulia. Sebaliknya, Allah sangat membenci akhlak yang buruk. 

    Salah satu akhlak buruk yang tidak disukai oleh Allah Swt. adalah sikap pelit dan tidak mau berbagi kepada sesama. Apalagi jika sikap pelit tersebut dilakukan kepada mereka yang sedang ditimpa musibah seperti kesulitan mendapatkan makanan di saat terjadi pandemi dan krisis besar. 

  2. Sedekah Menjadi Bukti Keimanan
    Salah satu manfaat sedekah yang utama adalah sebagai bukti keimanan kepada Allah Swt. dengan segala sifatnya. Di dalam sebuah hadis yang diriwayatkan oleh Muslim dinyatakan bahwa sedekah adalah bukti.

    Pengertian sedekah adalah bukti yakni bahwa seorang muslim yang mengerjakan perbuatan baik berupa berbagi kepada sesama telah menunjukkan tingkat keimanannya akan janji Allah mengenai rezeki. Orang tersebut meyakini bahwa sedekah di jalan Allah tidak akan membuat seseorang jatuh miskin.

    Sebaliknya, Allah menjanjikan pahala yang berlipat untuk mereka yang mengerjakan perbuatan baik ini. 

  3. Dijanjikan Kelapangan dari Allah
    Manfaat sedekah lainnya adalah Allah telah menjanjikan kelapangan kepada siapa pun hambanya yang rajin bersedekah. Kebaikan sedekah akan semakin berlipat ketika sedekah tersebut diberikan di hari-hari sulit seperti masa pandemi dan juga krisis ekonomi.

    Di dalam surat At-Talaq ayat 65 Allah telah menjanjikan kelapangan setelah sebelumnya hambanya diberikan kesempitan. Oleh karena itu, Allah sangat menganjurkan hambanya yang telah diberikan keluasan rezeki untuk bersedekah berdasarkan kemampuannya kepada orang yang membutuhkan.

  4. Allah Menjaga Hamba Tersebut dari Bala Bencana
    Salah satu kelebihan sedekah adalah dapat menjaga hamba tersebut dari berbagai bala bencana yang akan datang. Setiap orang tentu berharap agar hidupnya aman dan juga terhindar dari masalah seperti bencana. 

    Allah sudah memberikan cara kepada hambanya jika ingin terhindar dari bencana, yakni dengan bersedekah. 

    Melalui lisan Rasulullah saw. yang termaktub di dalam hadis riwayat Baihaqi dan Thabrani, Rasulullah saw. sangat menganjurkan hambanya untuk segera bersedekah.

    Beliau menyatakan bahwa musibah tidak akan pernah bisa mendahului sedekah seorang hamba. Beliau pun mengibaratkan sedekah sebagai cara seorang hamba untuk membeli segala kesulitan.

  5. Diampuninya Dosa Kecil
    Setiap manusia di dunia ini tidak pernah terhindar dari dosa, baik dosa besar dan kecil. Salah satu cara agar dosa kecil kita dapat dihapuskan adalah dengan memberi banyak sedekah. Rasulullah saw. bersabda bahwa sedekah dapat menghapus dosa seperti halnya air akan mematikan api.

  6. Sedekah Memberi Naungan di Hari Kiamat
    Sedekah dapat memberikan umat muslim naungan agar terhindar dari panasnya hari kiamat. Hal ini dijelaskan di dalam hadis yang diriwayatkan oleh Uqbah bin Amir. Sedekah tersebut akan memberi naungan sampai perkara di antara manusia diputuskan.

 

Paket 3P (Internet+TV+Phone) dari IndiHome Membantu Sedekah Online Lebih Lancar

Kini, sedekah dapat dilakukan dari mana saja dan ke mana saja. Anda dapat bersedekah kepada orang-orang yang berada di pelosok negeri atau bahkan ke pengungsi yang ada di luar negeri seperti Palestina, Suriah, dan sebagainya. 

Untuk dapat bersedekah secara optimal selama bulan puasa tentu dibutuhkan dukungan jaringan internet yang kuat dan handal. IndiHome mendukung kebutuhan jaringan internet Anda kapan pun dan di mana pun melalui layanan Paket 3P yang terdiri dari koneksi internet cepat, akses saluran TV unggulan, dan bebas telepon. 

Ada 5 pilihan kecepatan Paket 3P (Internet+TV+Phone) yang ditawarkan oleh IndiHome. Masing-masing pilihan kecepatan memiliki perbedaan berdasarkan kecepatan internetnya serta jumlah optimal perangkat yang terhubung ke layanan Paket 3P (Internet+TV+Phone). Berikut pilihan kecepatan Paket 3P dari IndiHome:

  1. Paket 3P Kecepatan Up To 20 Mbps
    Pilihan kecepatan yang pertama adalah kecepatan up to 20 Mbps yang dapat diakses oleh tiga hingga lima perangkat secara bersamaan. Biaya untuk berlangganannya adalah Rp375.000 per bulan. 
  2. Paket 3P Kecepatan Up To 30 Mbps
    Pilihan kecepatan yang pertama adalah kecepatan up to 30 Mbps yang dapat diakses oleh lima hingga tujuh perangkat secara bersamaan. Biaya untuk berlangganannya adalah Rp450.000 per bulan. 
  3. Paket 3P Kecepatan Up To 40 Mbps
    Pilihan kecepatan yang pertama adalah kecepatan up to 40 Mbps yang dapat diakses oleh tujuh hingga 10 perangkat secara bersamaan. Biaya untuk berlangganannya adalah Rp525.000 per bulan. 
  4. Paket 3P Kecepatan Up To 50 Mbps
    Pilihan kecepatan up to 50 Mbps dapat diakses oleh 10 sampai 12 perangkat secara bersamaan dengan biaya berlangganan sebesar Rp590.000 per bulan.
  5. Paket 3P Kecepatan Up To 100 Mbps
    Pilihan kecepatan up to 100 Mbps dapat diakses oleh 12 sampai 18 perangkat secara bersamaan dengan biaya berlangganan sebesar Rp945.000 per bulan. 
  6. Paket 3P Kecepatan Up To 200 Mbps
    Pilihan kecepatan up to 200 Mbps dapat diakses oleh 18 sampai 25 perangkat secara bersamaan dengan biaya berlangganan sebesar Rp1.665.000 per bulan. Paket ini cocok untuk bisnis skala kecil seperti kantor ataupun café berukuran kecil.
  7. Paket 3P Kecepatan Up To 300 Mbps
    Pilihan kecepatan up to 300 Mbps dapat diakses oleh 25 sampai 30 perangkat secara bersamaan dengan biaya berlangganan sebesar Rp2.655.000 per bulan. Fasilitas yang dapat dinikmati dari semua paket tersebut adalah bebas nelpon selama 300 menit ke sambungan lokal dan interlokal. 

Pengguna dapat mengakses tontonan di lebih dari 100 saluran TV populer baik nasional maupun internasional dari mana pun mereka berada. Pengguna juga dapat mengakses aplikasi UseeTV GO. 

Selain itu, IndiHome juga menawarkan berbagai bonus menarik untuk para pengguna Paket 3P (Internet+TV+Phone) yakni bonus Kids, Movies, Music, Gamers, Entertainment, dan juga Smart. Bonus Kids sangat cocok dipilih oleh orang tua yang ingin anak dapat belajar secara interaktif dari rumah.

Di dalam bonus Kids terdapat IndiHome Study, IndiKids Bright, serta CATCHPLAY+. Bonus Movies cocok dipilih oleh Anda penyuka film. Sementara bonus Gamers memberikan Cloud Storage 8 GB dengan tambahan Benefit Voucher Games (Mobile Game Online).

Jadikan momen ibadah puasa di bulan suci Ramadan semakin berkah dengan bersedekah semaksimal mungkin bersama Paket 3P dari IndiHome. Dengan dukungan koneksi internet yang cepat dan stabil, raih keutamaan sedekah dengan bersedekah ke berbagai tempat di mana pun dan kapan pun Anda berada.