Bagaimana Cara Memanfaatkan Teknologi untuk Pendidikan Anak? | IndiHome
16 FEB 2022        BLOG

Bagaimana Cara Memanfaatkan Teknologi untuk Pendidikan Anak?

Salah satu dampak positif dari perkembangan teknologi adalah dapat menunjang pendidikan anak. Itu sebabnya, setiap orangtua perlu mengetahui cara memanfaatkan teknologi sebagai media pembelajaran guna mendorong kemampuan dan potensi anak di bidang akademik. Melalui kemajuan teknologi, anak-anak tidak hanya dianggap sebagai pengguna saja, tapi juga pencipta. Lalu, apa saja manfaat teknologi bagi anak? Bagaimana caranya memanfaatkan kemudahan teknologi untuk meningkatkan motivasi belajar mereka?

Manfaat Teknologi bagi Pendidikan Anak

Pada dasarnya teknologi dapat menunjang pendidikan anak bila mereka mendapatkan setidaknya empat manfaat berikut:

 

  • Anak Menjadi Aktif Belajar
    Belajar atau kegiatan menyerap ilmu semakin dipermudah dengan perkembangan teknologi, salah satunya melalui kehadiran internet. Di zaman sekarang ini, anak-anak mudah mendapatkan informasi yang mereka butuhkan. Perkembangan ini memberikan dua benefit yang bisa menunjang pendidikan anak. Pertama, mendorong rasa ingin tahu anak tanpa perlu diminta oleh orang dewasa. Kedua, mereka akan menerapkan informasi tersebut untuk menciptakan suatu karya. Proses ini pada akhirnya akan menjadi motivasi agar mereka semakin aktif belajar.

 

  • Mampu Berkolaborasi
    Teknologi juga bisa mendorong anak untuk membuat karya bersama anak lainnya yang memiliki bakat serupa atau berbeda. Karena kehadiran teknologi, anak-anak tidak akan merasa sendirian saat mereka belajar dan berkarya. Mereka juga mampu belajar berkolaborasi atau bekerjasama dengan satu sama lain sejak dini.

 

  • Lebih Mudah Mendapatkan Masukan
    Ketika anak aktif belajar dan tidak segan membagikan karya yang dihasilkan dari pembelajaran tersebut, mereka mendapatkan kesempatan untuk diberi masukan. Dengan begitu, mereka pun bisa mempelajari bahwa setiap orang memiliki pendapat, pandangan, atau selera yang berbeda. Seiring berjalannya waktu, mereka akan lebih peka terhadap perbedaan tersebut.

 

  • Berkesempatan Terhubung dengan Ahlinya
    Kemajuan teknologi memungkinkan anak untuk terhubung dengan para ahli. Artinya, mereka bisa berinteraksi secara langsung bersama pakar di bidang yang mereka sukai dan tekuni. Besar kemungkinan, mereka akan termotivasi dan terinspirasi oleh para pakar tersebut sekaligus belajar hal-hal baru dari mereka.

Cara Memaksimalkan Teknologi untuk Menunjang Pendidikan Anak

Teknologi menyimpan informasi  atau sumber pengetahuan yang luas. Jika tahu cara memanfaatkannya, teknologi dapat memberikan dampak positif bagi anak-anak. Ketika anak masih dalam masa pertumbuhan, teknologi bisa mengenalkan mereka pada hal-hal yang baru. Hanya saja, orangtua tetap perlu membimbing mereka agar dapat menggunakan teknologi secara bijak guna memaksimalkan pendidikan anak. Bagaimana caranya?

 

  • Teknologi untuk Pendidikan Anak Balita
    Orangtua harus tahu cara membatasi penggunaan teknologi ketika anak menginjak usia balita. Di usia ini, anak dianjurkan untuk melakukan banyak interaksi karena mereka memiliki daya serap yang kuat. Jika ingin menggunakan teknologi, pastikan melibatkan unsur visual di dalamnya. Anda bisa menggunakan foto hewan atau tumbuhan untuk mengenalkan mereka pada informasi baru. Karena melibatkan perangkat elektronik, pastikan Anda selalu mendampingi anak-anak ketika menggunakannya.

 

  • Teknologi untuk Pendidikan Anak Prasekolah
    Di masa prasekolah, anak-anak sudah memiliki ketertarikan pada teknologi. Tahapan ini juga bisa dimanfaatkan untuk merangsang perkembangan otak anak. Anda bisa mengajari mereka beberapa hal dasar, seperti bagaimana cara menggunakan alat elektronik atau gadget tertentu. Untuk menunjang pendidikan mereka, Anda dapat mengunduh aplikasi yang dapat memotivasi dan mendorong minat mereka. Ingat, jangan lupa untuk memberi batasan pada penggunaan teknologi tersebut agar kegiatannya yang lain tidak terganggu.

 

  • Teknologi untuk Pendidikan Anak Usia Sekolah
    Ketika memasuki usia sekolah, anak-anak mungkin sudah pandai menggunakan berbagai macam teknologi. Bahkan, banyak sekali anak di usia ini yang mulai menggunakan internet untuk mencari berbagai informasi yang ingin diketahui. Di waktu ini juga, Anda perlu menerangkan cara aman menggunakan internet. Pastikan Anda memberitahu mereka untuk tidak menyebarkan hal-hal yang bersifat pribadi secara online. Untuk memudahkan Anda dalam memberikan batasan terhadap penggunaan internet, jangan lupa mengunduh filter web atau sistem keamanan di setiap device yang anak-anak gunakan.  

Belajar dan Mengembangkan Bakat Anak Semakin Mudah dengan IndiHome Study

Kemajuan teknologi tidak hanya bermanfaat bagi orang dewasa, tapi juga anak-anak. Dengan penggunaan yang tepat, teknologi dapat menunjang pendidikan anak sehingga mereka mampu mengembangkan potensi serta bakat dan minat mereka. Berbagai kemudahan ditawarkan oleh teknologi agar anak-anak dapat belajar lebih mudah. Mereka pun tidak akan kesulitan mencari referensi atau informasi tentang materi pelajaran yang dibutuhkan kapan pun dan di mana pun.

Agar proses belajar anak semakin mudah dan menyenangkan, Anda dapat mengandalkan IndiHome Study. Layanan digital ini dirancang khusus oleh IndiHome agar kegiatan belajar anak semakin menyenangkan dengan sistem yang mudah dimengerti. Dengan biaya langganan yang sangat terjangkau, yaitu mulai dari Rp10.000, anak Anda akan mendapatkan akses buku mata pelajaran dan buku umum digital, soal try out atau materi ujian, dan kumpulan video pembahasan materi pelajaran yang bisa diakses menggunakan smartphone atau laptop.

Dari mulai Sekolah Dasar hingga Sekolah Menengah Atas, IndiHome Study memastikan anak-anak mendapatkan sumber pengetahuan yang memadai dengan mengandalkan kemajuan teknologi. Selain itu, anak-anak juga berkesempatan mengikuti Tes Minat Bakat untuk mengetahui potensi dan bakat yang mereka miliki sejak dini. Yuk, segera berlangganan IndiHome Study untuk penuhi kebutuhan pendidikan anak!