Apa itu SKL dan Apa Saja Syarat Pengajuannya? | IndiHome
4 FEB 2021        BLOG

Apa itu SKL dan Apa Saja Syarat Pengajuannya?

Anda yang berstatus mahasiswa, apalagi mahasiswa tingkat akhir, pasti sudah sangat paham tentang apa itu SKL, bukan? SKL sendiri merupakan singkatan dari Surat Keterangan Lulus yang diberikan kepada lulusan perguruan tinggi, tapi ijazahnya masih dalam proses penyelesaian.

Dengan kata lain, SKL adalah surat keterangan lulus sementara sementara menunggu ijazah dan transkrip nilai diterbitkan. SKL dapat digunakan untuk berbagai kepentingan, salah satunya adalah untuk mendaftarkan diri sebagai wisudawan/wisudawati.


Apa itu SKL?

Surat Keterangan Lulus (SKL) adalah surat keterangan yang diterbitkan dengan tujuan menerangkan jika mahasiswa bersangkutan sudah menyelesaikan masa studinya di perguruan tinggi.

SKL diterbitkan sebagai surat keterangan untuk mengantisipasi keterlambatan penerbitan ijazah dan Transkrip nilai yang umumnya  membutuhkan jangka waktu relatif lama, yakni kurang lebih 2 minggu.

Karena Surat Keterangan Lulus hanya bersifat sementara saja, dan hanya berlaku sebelum diterbitkannya ijazah serta transkrip nilai. Apabila keduanya telah terbit, maka SKL tidak berlaku lagi.

Surat Keterangan Lulus merupakan dokumen resmi yang diterbitkan oleh Fakultas/Prodi, dicetak menggunakan kertas resmi, dan ditandatangani oleh Kepala Prodi.


Syarat-syarat Pengajuan SKL Online

Persyaratan administrasi dan akademik untuk mengajukan SKL mengikuti POB atau Prosedur Operasional Baku yang selama ini telah dilaksanakan oleh pihak institusi, termasuk status mahasiswa aktif, kelengkapan dokumen, serta bukti pencapaian akademik.

Di bawah ini adalah beberapa persyaratan umum untuk mengajukan penerbitan SKL:

  • Telah menyelesaikan semua administrasi terkait studi yang meliputi : sudah sidang TA dan menyelesaikan revisi. Harus menyertakan bukti berupa screenshot lembar pengesahan.
  • Telah menyerahkan buku TA sehingga nilai TA ditetapkan.
  • Slip pembayaran SPP dua semester terakhir / rekap pembayaran SPP.
  • Menyerahkan surat bebas pinjam perpustakaan, fotokopi ijazah terakhir, CV sarjana, dan pas foto
  • Semua nilai dari seluruh bidang studi telah keluar dengan jumlah minimal 144 – 145 sks.
  • Kelulusan telah ditetapkan melalui Sidang Akademis.
  • Dokumen-dokumen lain yang disyaratkan oleh pihak departemen.

Lamanya proses pembuatan SKL tergantung pada birokrasi di institusi pendidikan bersangkutan. Beberapa kampus akan memberitahukan tanggal pasti kapan softcopy SKL akan dikirimkan. Sedangkan sebagian lagi biasanya akan memberikan informasi dalam jangka waktu tidak ditentukan.


Prosedur Mengajukan SKL Online

Tidak dapat dipungkiri bahwa pengalihan sistem pengajuan SKL ke media digital ternyata meninggalkan tanda tanya bagi sebagian mahasiswa. Bahkan, tidak sedikit yang belum memahami bagaimana cara kerjanya.

Di bawah ini adalah prosedur singkat pengajuan SKL online yang dapat dijadikan bahan referensi:

  • Mahasiswa mengajukan SKL melalui situs perguruan tinggi dengan menggunakan akun SSO
  • Mengisi formulir online, dan upload persyaratan SKL yang diminta, seperti:
    • Lembar SKL untuk ditandatangani Wakil Dekan Bidang Akademik.
    • Pas Photo.
    • SK Yudisium, serta Surat Permohonan ijazah.
    • Rekap Nilai.
    • Transkrip Nilai/KHS.
    • SK Beasiswa (Bagi penerima)
  • Menunggu surat pengajuan untuk diproses dan diverifikasi oleh TU/ Komisi Pendidikan/ Bagian Akademik. Apabila telah selesai, maka Surat Keterangan Lulus elektronik dalam bentuk file pdf akan langsung dikirimkan melalui email atau WhatsApp mahasiswa.
  • Softcopy SKL yang dikirimkan kepada mahasiswa dapat digunakan untuk mendaftar wisuda.
  • Setelah periode Pembatasan Masuk Kampus berakhir, maka mahasiswa akan diminta untuk mengurus pengesahan dokumen skripsi asli, dan kemudian mendistribusikannya kepada pihak-pihak yang sudah ditentukan.
  • Tanggal pengajuan SKL beserta persyaratan lengkap akan dicatat sebagai tanggal kelulusan.
  • Hardcopy SKL dapat diambil di Fakultas di jam kerja apabila periode Pembatasan Masuk Kampus telah berakhir dengan menyerahkan dokumen persyaratan, seperti bukti bebas pustaka, bukti penyerahan serta distribusi naskah, lembar pengesahan skripsi, dsb.

 

Manfaat Mengajukan Surat Keterangan Lulus Online

Di masa pandemi seperti sekarang ini, penerapan sistem pengajuan SKL / Surat Keterangan Lulus online memang memiliki segudang manfaat. Selain praktis, pengajuan Surat Keterangan Lulus secara daring juga bisa menjadi salah satu cara pencegahan penyebaran virus Covid-19.

Apalagi, pemerintah juga sudah mewanti-wanti masyarakat agar mematuhi protokol kesehatan, termasuk dengan menjaga jarak atau social distancing. Jadi, selain memberikan manfaat berupa pengajuan SKL yang lebih mudah dan praktis karena hanya membutuhkan koneksi internet.

Dalam 1 tahun terakhir, institusi pendidikan di Indonesia, khususnya memang telah menerapkan Pembatasan Masuk Kampus hingga waktu yang belum ditentukan terkait semakin meningkatnya kasus penularan virus Corona, sehingga segala jenis kepentingan akademisi dialihkan ke online.

Mulai dari kegiatan belajar mengajar, hingga pengurusan berbagai hal administratif, termasuk pengajuan SKL yang bisa dilakukan secara online. Jadi, calon alumni tidak perlu lagi datang berdesak-desakan ke kampus untuk mengurus SKL.

Sistem verifikasi juga akan dilakukan oleh pihak kampus secara online, sehingga Anda tinggal duduk santai di rumah sambil menunggu hasilnya. Biasanya, pihak Fakultas/Prodi akan mengirimkan SKL dalam bentuk elektronik atau file softcopy melalui email atau WA.

Dengan begitu, maka mahasiswa juga tidak perlu merasa takut akan tertular virus karena berinteraksi dengan orang lain. Di tengah pandemi, sistem SKL berbasis digital memang solusi terbaik supaya kegiatan akademik bisa tetap berjalan, namun sesuai dengan prosedur yang ditetapkan pemerintah.

Dibandingkan dengan pengajuan SKL manual yang terbilang cukup ribet karena Anda harus bolak balik ke kampus dan TU, mengajukan SKL online memang jauh lebih mudah. Apabila ada persyaratan yang kurang, mahasiswa hanya tinggal melengkapi dan mengunggah file saja.


Mengakses Administrasi Kampus Lebih Cepat dengan Wifi.id Seamless dari IndiHome

Melakukan berbagai kegiatan administrasi secara online memang praktis dan mudah dilakukan, namun membutuhkan dukungan koneksi internet yang memadai. Tidak jarang mahasiswa harus menghabiskan waktu berkutat di depan layar hingga berjam-jam karena internet tidak stabil.

Selain membuang waktu, menunggu proses loading akibat internet yang super lelet sudah pasti membuat kesal dan menjadi bad mood. Apalagi, kalau waktu untuk mengunggah file sudah mepet, tentu akan membuat Anda menjadi uring-uringan sendiri.

Tapi sekarang Anda tidak perlu merasa khawatir lagi karena ada Wifi.id seamless yang bisa dijadikan sebagai alternatif solusinya. Salah satu produk layanan unggulan dari perusahaan Telkom ternama IndiHome ini menawarkan kecepatan internet hingga 100 Mbps dan bisa diakses sepuasnya.

Dengan berlangganan Wifi.id seamless, maka Anda akan langsung bisa mengakses koneksi internet di seluruh titik Wifi.id yang tersebar di seluruh penjuru Indonesia, tanpa perlu lagi. Jadi, kapan dan dimanapun Anda berada bisa tetap terhubung dengan internet.

Selain digunakan untuk mengakses administrasi kampus, seperti keperluan daftar ulang, dan mengajukan SKS online, paket Wifi.id seamless juga sangat direkomendasikan kepada Anda yang menjalankan aktivitas dan belajar dari rumah.

Jadi, tidak perlu khawatir lagi akan mengalami koneksi internet putus-putus ketika harus menghadiri kelas online, virtual meeting, dan lain sebagainya karena mempunyai koneksi yang stabil.

Setelah mengetahui apa itu SKL online dan persyaratan pengajuannya, jangan lupa untuk memilih server jaringan internet yang mendukung, seperti Wifi.id seamless IndiHome agar proses pengisian formulir dan mengunggah file berjalan lancar tanpa hambatan.