Analisis Fitur Signal dan Telegram serta Faktor Keamanannya | IndiHome
28 JAN 2021        BLOG

Analisis Fitur Signal dan Telegram serta Faktor Keamanannya

Baru-baru ini dunia dibuat heboh karena perubahan aturan privasi dari salah satu penyedia layanan pesan gratis yang banyak digunakan. Akibat perubahan aturan ini, banyak pihak yang kemudian menyarankan untuk berpindah ke Signal atau Telegram. Namun, seperti apa sebenarnya fitur Signal dan Telegram?

Signal dan Telegram sendiri merupakan dua alternatif aplikasi layanan pesan yang disebut lebih unggul dari segi keamanan privasi bagi para penggunanya. Selain segi keamanan yang lebih unggul, fitur yang ada pada Telegram dan Signal pun tidak kalah canggih dibandingkan raja aplikasi pesan gratis saat ini.

 

Mengenal Aplikasi Tukar Pesan Signal

Signal, seperti halnya Telegram, memberikan fasilitas bertukar pesan secara gratis kepada para penggunanya. Aplikasi Signal sudah tersedia secara resmi di Google Play Store maupun App Store. Cara menggunakan aplikasi ini pun cukup mudah karena cukup mengunduh dan menginstal aplikasi saja.

Signal Messenger diluncurkan pertama kalinya pada tanggal 29 Juli 2014 dan dikembangkan oleh perusahaan teknologi Signal Foundation. Signal Foundation sendiri didirikan oleh Moxie Marlinspike dan berbasis di California, USA. 

Kemudian pada tahun 2018, Brian Acton yang merupakan mantan pendiri WhatsApp ikut bergabung ke dalam Signal Foundation sebagai chairman. Saat pertama kali diluncurkan, Signal sendiri berada di bawah naungan Open Whisper System yang merupakan organisasi independen.

 

Fitur yang Ditawarkan oleh Signal

  1. Fitur Keamanan

    Fitur utama yang membuat Signal paling banyak diburu oleh pengguna saat ini adalah fitur keamanannya. Hal ini mengingat daya tarik utama Signal sendiri memanglah fitur keamanannya yang melakukan enkripsi end-to-end atau ujung ke ujung.

    Dengan dilakukannya enkripsi end-to-end membuat setiap pesan yang dikirimkan pengguna hanya bisa dibaca oleh penerima. Dengan adanya enkripsi ujung ke ujung membuat pengelola platform pun tidak dapat membaca pesan.

    Berbeda dengan beberapa aplikasi tukar pesan lainnya, layanan privasi berupa enkripsi ujung ke ujung dari Signal bukanlah pilihan melainkan memang sudah menjadi sifat bawaan dari aplikasi ini (fitur default). Seluruh percakapan pada platform pun hanya disimpan di perangkat pemakai saja.

    Signal bekerja dengan basis open source atau sumber terbuka sehingga mitra Signal bisa mengecek kode sumbernya yang lengkap di GitHub. Dengan cara ini, kode sumber Signal dapat diperiksa oleh pihak berkepentingan untuk memastikan cara keamanannya bekerja.

    Data pengguna yang terkumpul pada Signal satu-satunya hanyalah nomor telepon saja saat mereka mendaftar. Selebihnya Signal tidak mengumpulkan data para penggunanya karena memang tidak menyediakan iklan. 


  2. Fitur Grup Obrolan

    Sama seperti berbagai aplikasi bertukar pesan pada umumnya, Signal juga menawarkan fitur untuk membuat grup obrolan dalam jumlah besar. Jumlah total orang yang dapat ditampung dalam satu grup Signal mencapai 1000 orang.


  3. Mengirimkan File

    Signal tidak hanya memungkinkan para penggunanya untuk saling bertukar pesan tulisan saja, namun juga berbagai jenis file lainnya. Jenis file yang bisa dikirim melalui Signal seperti pesan video, dokumen, pesan suara, gambar dan sebagainya. Ukuran file maksimal yang bisa dikirim melalui Signal adalah 100 MB.


  4. Melakukan Panggilan Video dan Suara

    Signal sudah dibekali oleh fitur panggilan suara dan juga panggilan video. Jenis panggilan suara dan video yang bisa dilakukan melalui Signal meliputi panggilan personal dari orang ke orang ataupun panggilan grup. Khusus untuk panggilan video, Signal hanya memungkinkan panggilan maksimal ke delapan orang saja. 


Mengenal Aplikasi Tukar Pesan Telegram

Telegram merupakan aplikasi bertukar pesan yang dikembangkan oleh lembaga Telegram Messenger LLP yang didukung oleh pengusaha asal Rusia Pavel Durov. Pavel Durov sendiri menjadi CEO dan founder Telegram. 

Aplikasi ini sudah diluncurkan ke publik sejak tahun 2013 berkat kerjasama antara Pavel Durov dan saudaranya Nikolai Durov. Sejak awal dibentuk, Telegram berfokus kepada privasi pengguna.

Fitur Menarik dari Telegram

  1. Fitur Keamanan

    Fitur enkripsi end-to-end sama-sama merupakan fitur Signal dan Telegram unggulan di bidang keamanan. Berbeda sedikit dengan Signal, fitur keamanan enkripsi ujung ke ujung milik Telegram bukan merupakan fitur bawaan melainkan opsional saja.

    Apabila pengguna Telegram tidak ingin pesannya terbaca oleh pihak ketiga, maka mereka harus memulai mode obrolan rahasia sehingga pesan dapat dienkripsi. Sementara enkripsi yang dilakukan oleh Telegram adalah enkripsi server dan pengguna.

    Sehingga pengelola Telegram yang bertanggung jawab secara teknis dapat melihat isi pesan dari setiap pengguna yang ada di servernya. Fitur obrolan rahasia ini hanya bisa dilakukan dari orang ke orang dan bukan obrolan grup. 


  2. Obrolan dalam Grup Besar

    Salah satu keunggulan Telegram dibandingkan Signal adalah kemampuannya yang dapat menampung anggota grup hingga mencapai 200 ribu orang. Oleh karena itu, Telegram merupakan salah satu pilihan terbaik bagi Anda yang ingin membuat grup beranggotakan banyak orang. 


  3. Mengirimkan Beragam Jenis File

    Sama seperti Signal, Telegram juga memberikan fitur yang memudahkan pengguna untuk mengirim berbagai jenis file. Para pengguna Telegram dapat mengirimkan file berbentuk pesan gambar, video, dokumen, pesan suara dan sebagainya.

    Hal yang menarik dari Telegram adalah ukuran pesan yang dapat dikirimkan melalui aplikasinya cukup besar yakni bisa mencapai 2 GB. Ukuran ini jauh lebih besar jika dibandingkan dengan aplikasi bertukar pesan serupa.


  4. Sinkronisasi Pesan ke Berbagai Perangkat

    Telegram memiliki fitur sinkronisasi pesan yang memungkinkan pengguna Telegram untuk melanjutkan percakapan yang sama pada perangkat yang berbeda. Sehingga pengguna tetap dapat melanjutkan percakapan atau mengambil file yang dikirim dari Telegram mobile ke Telegram Web.

    Hal ini berbeda dengan aplikasi bertukar pesan Signal yang tidak memiliki fitur sinkronisasi pesan. Sehingga apabila pengguna melakukan percakapan di perangkat berbeda, maka pengguna harus memulai percakapan baru. Hal ini dikarenakan setiap percakapan yang dilakukan hanya disimpan pada perangkat.


  5. Panggilan Suara dan Video

    Telegram juga memiliki fitur untuk melakukan panggilan suara dan juga panggilan video. Panggilan suara maupun video yang dilakukan melalui Telegram hanya bisa dilakukan dari orang ke orang dan belum memungkinkan panggilan grup. 

 

Tingkatkan Kecepatan Internetmu dengan Upgrade Speed dari IndiHome

Semakin tingginya penggunaan perangkat mobile di rumah membuat kebutuhan internet Anda mungkin perlu ditingkatkan. Untuk meningkatkan kecepatan internet, IndiHome menyediakan layanan Upgrade Speed yang dapat menambah kecepatan internet Anda hingga mencapai 50 Mbps.

IndiHome menawarkan empat pilihan paket untuk meningkatkan kecepatan internet yakni 20 Mbps, 30 Mbps, 40 Mbps dan 50 Mbps. Ada dua keunggulan yang ditawarkan Upgrade Speed IndiHome yaitu:

  1. Dapat meningkatkan kecepatan akses internet dengan mudah sesuai dengan yang dibutuhkan secara permanen. 
  2. Permintaan Upgrade Speed akan langsung diaktifkan dengan pembayaran yang otomatis ditagihkan kepada pengguna setiap bulannya.

Melihat berbagai fitur Signal dan Telegram di atas, tidak heran jika banyak pengguna kemudian beralih menggunakan dua aplikasi bertukar pesan ini. Apalagi dengan jaminan keamanan yang lebih baik. Pastikan aktivitas online Anda di rumah tetap nyaman dengan menggunakan Upgrade Speed dari IndiHome.