9 Tradisi Unik Perayaan Hari Kemerdekaan di Indonesia | IndiHome
18 AUG 2022        BLOG

9 Tradisi Unik Perayaan Hari Kemerdekaan di Indonesia

Agustus menjadi bulan istimewa bagi seluruh bangsa Indonesia. Pasalnya, di bulan tersebut, tepatnya tanggal 17 Agustus, masyarakat merayakan hari kemerdekaan Republik Indonesia. Jadi, sudah sewajarnya bila di hari istimewa tersebut terdapat tradisi menarik sebagai bentuk perayaan kemerdekaan. Uniknya lagi, tradisi Hari Kemerdekaan Indonesia itu memiliki ciri khas tersendiri di setiap daerahnya.

Penasaran bagaimana daerah-daerah tersebut menyajikan tradisi Hari Kemerdekaan Indonesia? Kalau begitu, simak informasi berikut ini!


Mengenal Tradisi Hari Kemerdekaan Indonesia di Berbagai Daerah

Masyarakat di daerah-daerah berikut ternyata selalu menjalankan kebiasaan unik untuk merayakan Hari Kemerdekaan Indonesia, seperti:

  • Pacu Kude, Aceh
    Tradisi Hari Kemerdekaan Indonesia yang dilakukan masyarakat Aceh ini sudah ada sejak masa kolonial. Namun, pada tahun 1956, Pacu Kude diambil alih secara resmi oleh pemerintah setempat. Sesuai namanya, ini merupakan tradisi pacuan kuda yang memiliki simbol perjuangan bangsa Indonesia untuk meraih kemerdekaan dari negara penjajah. Kuda pacu yang digunakan biasanya hasil persilangan kuda Gayo dan kuda Australia. 
  • Lomba Dayung, Banjarmasin
    Di Pulau Kalimantan, ada perlombaan menarik yang menjadi bagian dalam tradisi Hari Kemerdekaan Indonesia. Dikenal dengan sebutan Lomba Dayung Perahu Naga, kegiatan ini mengambil tempat di Sungai Martapura. Tradisi ini sendiri sudah ada sejak tahun 1924. Selain diadakan untuk merayakan Hari Kemerdekaan, lomba dayung juga menjadi media untuk mencari bibit pedayung andal. 
  • Obor Estafet, Semarang
    Beralih ke Pulau Jawa, tepatnya di Semarang, masyarakat lokal mengadakan tradisi Hari Kemerdekaan Indonesia yang disebut Obor Estafet. Obor sendiri memiliki makna kobaran semangat para pejuang demi kemerdekaan Indonesia. Tradisi ini dilakukan oleh warga Semarang di daerah Kecamatan Gajahmungkur. Diharapkan melalui Obor Estafet, masyarakat dapat mencontoh semangat dan melanjutkan perjuangan para pahlawan Tanah Air. 
  • Lomba Sampan Layar, Batam
    Tradisi Hari Kemerdekaan Indonesia ini telah diselenggarakan sejak 1965. Masyarakat lokal melaksanakan Lomba Sampan Layar setelah menggelar upacara peringatan HUT RI. Banyak sekali perahu kayu berwarna-warni berlayar sehingga menjadi atraksi yang menarik bagi wisatawan lokal dan mancanegara.
  • Telok Abang, Palembang
    Telok Abang merupakan mainan khas Palembang yang terbuat dari gabus. Nantinya gabus itu akan dibentuk menyerupai pesawat terbang, kapal laut, atau kereta. Ketika merayakan HUT RI, Telok Abang akan dihiasi dengan telur rebus yang dicat berwarna merah lalu ditancapkan di bagian tengah. Terdapat juga kertas warna-warni sebagai tambahan hiasannya.
  • Barikan, Malang
    Kalau di Malang, ada tradisi Hari Kemerdekaan Indonesia yang disebut Barikan. Tradisi ini dilaksanakan setiap tanggal 16 Agustus malam. Di dalamnya terdapat acara renungan kemerdekaan dan doa bersama disusul dengan menyanyikan lagu kebangsaan dan makan-makan bersama. Acara ini dilaksanakan sebagai bentuk syukur serta mempererat jalinan silaturahmi antar tetangga. 
  • Sepak Bola Durian, Kebumen
    Tradisi Hari Kemerdekaan Indonesia yang satu ini terdengar cukup ekstrem. Alih-alih menggunakan bola sepak, masyarakat Kebumen malah menggantinya dengan durian. Makanya tradisi ini hanya dilakukan oleh anggota forum spiritual hingga laskar Densus 99. Sebelum dilaksanakan, mereka akan menggelar doa bersama untuk keselamatan para peserta sepakbola. 
  • Peresean, Lombok
    Para pepadu atau jagoan Lombok akan diadu ketangkasannya dalam tradisi Peresean. Mereka akan saling serang dengan berbekal senjata rotan dan perisai dari kulit kerbau atau sapi. Meski termasuk tradisi Hari Kemerdekaan Indonesia yang ekstrem, Peresean mengandung makna persaudaraan dan sikap kesatria yang diuji dalam permainan ini. 
  • Pawai Jampana, Bandung
    Memeriahkan HUT RI, masyarakat Bandung sering mengadakan Pawai Jampana. Pawai ini menampilkan kerajinan masyarakat setempat yang ditandu serta berisikan berbagai macam makanan dan hasil bumi. Nantinya makanan tersebut akan diperebutkan oleh peserta pawai dan warga yang ikut menyaksikannya. Diharapkan melalui pawai ini, kekompakan dan wujud persatuan akan selalu terjaga.  


Tambah Wawasan Seputar Tradisi Hari Kemerdekaan Indonesia dengan Berlangganan Promo Spesial IndiHome

Seru, kan, mengenal tradisi perayaan HUT RI dari berbagai daerah di Indonesia? Seandainya Kamu bisa menyaksikan secara langsung tradisi tersebut, pasti akan tambah seru! Tetapi, jangan sedih dulu karena meski Kamu di rumah saja, bukan berarti tidak bisa mengenal tradisi dari berbagai daerah lainnya. Berkat kehadiran internet, Kamu mampu memperluas wawasan kebudayaan tanah air.

Dengan menonton video atau tayangan digital terkait tradisi di atas, Kamu akan mengetahui bagaimana tradisi tersebut berlangsung tanpa perlu datang langsung ke lokasi. Hanya saja, pastikan dulu bahwa aktivitas digital tersebut didukung oleh internet cepat dan stabil seperti yang tersedia dalam Promo Spesial IndiHome.

Nikmati layanan internet berkecepatan up to 30 Mbps dan bonus telepon hingga 50 menit. Ditambah biaya pemasangan dan berlangganan super terjangkau, internetan dengan Promo Spesial IndiHome bakal bikin Kamu cepat move on dari layanan internet lainnya. Dengan biaya pemasangan Rp150.000 dan biaya berlangganan mulai dari Rp200.000-an per bulan saja, aktivitas digital Kamu tidak akan terhambat lagi oleh jaringan lelet dan tidak stabil. Yuk, langganan Promo Spesial IndiHome sekarang juga!