8 Cara Cepat dan Efektif Memahami Materi Pelajaran | IndiHome
24 FEB 2022        BLOG

8 Cara Cepat dan Efektif Memahami Materi Pelajaran

Kesulitan dalam memahami materi pelajaran merupakan hal umum yang sering dialami kalangan pelajar. Hal itu dikarenakan setiap siswa perlu beradaptasi dengan ilmu-ilmu yang terus berkembang seiring kemajuan zaman. Sayangnya, masih banyak pelajar yang memiliki kebiasaan belajar dengan sistem kebut sehari/semalam (SKS) menjelang tugas maupun ujian. Padahal cara tersebut belum tentu akan memberikan hasil yang maksimal.

Lantas, seperti apa cara memahami materi pelajaran yang efektif? Berikut 8 cara cepat dan efektif untuk Anda yang ingin menguasai materi pelajaran di sekolah:

 

  • Membuat Catatan Kecil
    Salah satu kesalahan umum yang sering dilakukan pelajar untuk memahami materi pelajaran adalah dengan menghafal setiap detail dari materi itu sendiri. Sebenarnya akan lebih baik jika Anda fokus terhadap poin-poin pentingnya saja. Anda dapat menulis hal penting dalam pelajaran menggunakan kertas kecil ataupun sticky notes, seperti menuliskan rumus-rumus matematika maupun membuat kata kunci yang dapat diingat dengan mudah.

 

  • Garis Bawahi Hal Penting
    Menggaris bawahi poin-poin penting ketika membaca materi yang telah diajarkan di sekolah merupakan salah satu cara mudah memahami materi pelajaran itu sendiri. Anda dapat melakukannya dengan pensil maupun pulpen berwarna-warni untuk menambah semangat dan juga meningkatkan ingatan serta kinerja otak.

 

  • Mind Mapping
    Mind mapping merupakan proses pemetaan pikiran untuk menghubungkan konsep-konsep permasalahan tertentu. Ini juga bisa membantu Anda memahami materi pelajaran dengan cepat. Sebab mind mapping merupakan tulisan maupun gambaran langsung dari cara kerja koneksi dalam otak. Menerapkan konsep ini juga dipercaya dapat mengembangkan cara berpikir kreatif para siswa.

 

  • Perbanyak Latihan Soal
    Perbanyak melakukan latihan soal akan sangat cocok jika dilakukan saat akan menghadapi ujian. Namun, tidak ada salahnya jika Anda melakukan hal ini tanpa harus menunggu waktu dilaksanakannya ujian sekolah. Karena, semakin banyak menjawab latihan soal, maka Anda akan lebih mudah memahami materi pelajaran.

 

  • Studi Kasus
    Cara memahami materi pelajaran yang satu ini bisa dibilang efektif karena dihadapkan dengan sebuah kasus, sehingga pelajar mampu memvisualisasikan teori-teori yang akan lebih memudahkan dalam pemahaman suatu materi. Selain itu, studi kasus juga dapat memaksimalkan kinerja otak.

 

  • Brainstorming
    Jika Anda bosan belajar sendiri, alangkah baiknya untuk mencoba belajar dengan sahabat atau teman-teman lainnya. Cara untuk memahami materi pelajaran yang satu ini bisa menjadi salah satu proses untuk bertukar pikiran serta memperluas ide yang akan memperkaya pengetahuan.

 

  • Ketahui Cara Belajar yang Paling Anda Sukai
    Hal yang tidak kalah penting untuk memahami materi pelajaran adalah dengan mengetahui tipe belajar Anda. Sebab hal ini akan memudahkan Anda untuk mengerti setiap materi dengan cara tersendiri. Tipe belajar setiap orang tentunya berbeda. Bisa saja Anda lebih mudah mengerti materi pelajaran dengan menonton video belajar atau mendengar rekaman suara daripada berhadapan dengan guru secara langsung.

 

  • Buat Jadwal Belajar
    Membuat jadwal belajar mungkin terlihat sepele, akan tetapi hal ini akan mempengaruhi cara Anda dalam memahami materi pelajaran. Dengan membuat jadwal, Anda akan memiliki konsistensi dalam belajar khususnya jika akan melaksanakan ujian di sekolah.

Maksimalkan Cara Memahami Materi Pelajaran dengan Berlangganan Paket Khusus Pelajar, Pengajar, dan Jurnalis dari IndiHome

Delapan cara memahami materi pelajaran di atas dapat membantu dan menjadi solusi bagi para pelajar yang masih kesulitan dalam memahami materi pelajaran. Tidak hanya sekadar melatih otak, cara-cara tersebut juga dapat membantu pelajar dalam melatih kreativitas dan memaksimalkan kinerja otak. Untungnya, di tengah kemajuan teknologi seperti sekarang ini, para pelajar bisa mendapatkan berbagai keuntungan untuk mengakses berbagai konten pendidikan yang dapat membantu mereka memahami pelajaran lebih cepat. Tentunya hal ini didukung oleh keberadaan koneksi internet. Jadi, selain menuntut ilmu di sekolah, mereka juga bisa dengan mudah belajar di rumah atau dari mana saja.

Menyadari peranan teknologi dalam perkembangan pendidikan anak bangsa, IndiHome menghadirkan Paket Khusus Pelajar, Pengajar, dan Jurnalis yang dapat memaksimalkan aktivitas belajar. Mengakses berbagai konten pendidikan secara online pun tidak akan terhambat dengan adanya koneksi internet yang cepat dan stabil. Dengan berlangganan paket ini, Anda dapat mengakses aplikasi IndiHome Study yang akan membuat aktivitas belajar sehari-hari menjadi mudah dan menyenangkan. IndiHome Study merupakan aplikasi di mana Anda dapat mengakses buku mata pelajaran dan buku umum digital, soal try out atau materi ujian, dan kumpulan video pembahasan materi pelajaran menggunakan smartphone atau laptop.

Terdapat dua jenis Paket Khusus Pelajar, Pengajar, dan Jurnalis dari IndiHome yang bisa Anda pilih, yaitu:

  • Paket 2P (Internet + Phone) dengan kecepatan internet hingga 30 Mbps dan beragam benefit seperti bonus nelpon selama 50 menit serta bebas akses IndiHome Study. Anda bisa mendapatkan paket ini dengan biaya berlangganan mulai dari Rp200 ribuan saja per bulannya.
  • Paket 3P (Internet + TV + Phone) yang menawarkan kecepatan internet hingga 30 Mbps dan benefit lainnya seperti bebas nelpon hingga 50 menit untuk jangkauan lokal atau interlokal. Anda juga bisa mengakses 36 channel TV dan aplikasi IndiHome Study sepuasnya. Dengan biaya berlangganan mulai dari Rp300 ribuan saja per bulannya, Anda sudah mendapatkan berbagai benefit tersebut untuk mendukung aktivitas belajar online.

Dengan berlangganan Paket Khusus Pelajar, Pengajar, dan Jurnalis dari IndiHome, mengerjakan tugas harian sampai persiapan ujian akan semakin mudah. Yuk jadikan aktivitas belajar Anda semakin menyenangkan bersama IndiHome!