7 Cara Jadi YouTuber untuk Pemula, Cukup Modal HP Aja! | IndiHome
3 JAN 2023        BLOG

7 Cara Jadi YouTuber untuk Pemula, Cukup Modal HP Aja!

Menjadi seorang YouTuber adalah cita-cita baru bagi banyak kalangan, khususnya anak muda. Hal ini dikarenakan pendapatan melalui platform tersebut terbilang cukup menjanjikan.

Untuk menjadi seorang YouTuber, tentunya kamu harus didukung oleh berbagai fasilitas yang memadai, salah satunya kamera berkualitas bagus. Tenang, dengan kemajuan teknologi yang ada di handphone terkini, kamu tidak perlu keluar banyak uang untuk membeli kamera. Karena, kini kamu bisa jadi YouTuber dengan bermodalkan HP saja, lho!


Cara Jadi YouTuber Pemula Pakai HP

Mau jadi YouTuber tapi cuma modal HP? Bisa banget! Yuk, simak tips berikut ini!

  • Buat Channel YouTube
    Untuk menjadi seorang YouTuber, pastinya kamu memerlukan channel YouTube sebagai tempat untuk mengunggah konten yang telah dibuat. Cara membuat akun tersebut ialah:
    1. Buka laman https://ww.youtube.com/account atau masuk ke aplikasi YouTube
    2. Kalau sudah mempunyai akun Gmail, kamu hanya perlu masuk ke aplikasi YouTube menggunakan alamat email tersebut
    3. Pilih Create a Channel untuk membuat channel YouTube baru
    4. Isi kolom nama channel yang ingin digunakan
    5. Kemudian lengkapi berbagai informasi tambahan tentang channel YouTube hingga siap digunakan
       
  • Temukan Niche dan Ide Konten Menarik
    Selanjutnya adalah merencanakan niche atau ide video yang ingin dibuat, mulai dari konten game, kecantikan, hingga edukasi, dan lainnya yang bisa kamu pilih sesuai keinginan. Setelah itu, kamu bisa menyesuaikan dengan preferensi kamu. Jika sudah, kamu bisa menentukan tema yang ingin ditampilkan.

  • Siapkan Peralatan Pendukung
    Kamu bisa menggunakan peralatan tambahan dengan harga terjangkau untuk mendukung proses take video yang lebih maksimal. Contohnya seperti tripod dan ring light. Jika tidak menggunakan peralatan tersebut, pastikan pengambilan video mendapatkan pencahayaan yang cukup walaupun hanya mengandalkan sinar matahari saja.

    Nah, jika kamu berhasil mendapat penghasilan lebih dari channel YouTube, ada baiknya kamu membeli peralatan yang lebih profesional agar video yang dihasilkan lebih berkualitas.
     
  • Edit Video
    Jika sudah membuat video, jangan lupa untuk menyunting video tersebut agar terlihat lebih menarik. Proses editing bisa menggunakan HP dengan aplikasi editing sederhana seperti Inshot, Kinemaster, atau Adobe Premier Rush.

  • Manfaatkan SEO
    Kamu juga bisa memanfaatkan SEO (Search Engine Optimization) agar pengguna internet mengetahui eksistensi video yang telah diunggah. Kamu bisa mempelajari ilmu dasar SEO dengan browsing di Google.

    Kamu juga bisa membuat judul konten yang menarik dan unik namun tetap mewakili isi video tersebut. Jangan lupa gunakan tag serta kata kunci yang sesuai dengan kaidah SEO.|

  • Konsisten
    Jika ingin menghasilkan viewer, subscriber dan juga cuan yang banyak, kamu harus konsisten dalam membuat dan mengunggah konten-konten menarik. Tidak hanya itu, kamu juga harus konsisten dalam menentukan durasi video yang ingin dibagikan.

  • Interaksi
    Terakhir, pastikan konten yang kamu ciptakan bisa menghasilkan interaksi dengan penonton. Mereka biasanya akan memberikan respon melalui kolom komentar. Ketika mereka memberikan feedback, usahakan kamu membalasnya dengan baik. Hal positif inilah yang akan membangun ikatan baik antara kamu dengan penonton yang membuat kontenmu selalu dinantikan.

Konsisten Jadi YouTuber dengan Berlangganan Paket IndiHome (Dengan Akses Netflix) 

Dibutuhkan keinginan dan konsistensi untuk membuat konten yang baik agar cita-cita menjadi seorang YouTuber dapat terwujud. Kamu tidak perlu merogoh kocek yang dalam untuk membuat kontenmu dikenal orang. Kamu bisa memulainya dengan modal seadanya, yaitu dengan handphone. Hal penting lainnya untuk menjadi seorang YouTuber adalah pastikan kamu didukung oleh internet cepat.

Tenang, kamu bisa berlangganan Paket IndiHome (Dengan Akses Netflix), dimana kamu bisa internetan di jaringan cepat dari IndiHome hingga 100 Mbps. Mengunggah video ke YouTube akan semakin cepat dan lancar.

Menariknya lagi, dengan berlangganan paket ini, kamu sudah bisa menyaksikan berbagai tayangan seru di Netflix sepuasnya! Seru banget, kan?

Paket IndiHome (Dengan Akses Netflix) tersedia dalam dua opsi, yaitu:

  • Paket 3P (Internet + TV + Phone)
    Nikmati kecepatan internet hingga 100 Mbps dengan biaya berlangganan mulai dari Rp475.000 per bulan. Kamu akan mendapatkan beragam keuntungan berupa bebas akses tayangan berkualitas di Netflix, layanan streaming lainnya serta 100+ channel TV favorit, dan bonus nelpon lokal/interlokal hingga 100 menit. Kamu juga bisa mendapatkan ekstra bonus streaming sebesar 50 GB.
  • Paket 2P (Internet+ TV)
    Nikmati kecepatan internet hingga 100 Mbps dengan biaya berlangganan mulai dari Rp415.000 per bulan. Kamu akan mendapatkan beragam benefit berupa bebas akses tayangan berkualitas di Netflix, layanan streaming lainnya serta 30+ channel TV favorit. Kamu juga bisa mendapatkan ekstra bonus streaming sebesar 50 GB.

    Serunya lagi, semuanya bisa kamu nikmati hanya dalam satu tagihan IndiHome. Yuk, wujudkan impianmu menjadi YouTuber sukses dengan berlangganan Paket IndiHome (Dengan Akses Netflix) sekarang juga!