6 Tipe Gamer Menurut Pilihan Genre Game dan Cara Main | IndiHome
19 APR 2022        BLOG

6 Tipe Gamer Menurut Pilihan Genre Game dan Cara Main

Bukan hanya permainan atau game saja yang memiliki berbagai tipe, pemainnya atau gamer pun terbagi dalam beberapa kategori tersebut. pembagian tipe gamer ini biasanya dilihat dari selera permainan, tujuan bermain, cara bermain, dan berapa lama waktu yang mereka habiskan untuk main game favorit mereka. Sebagai contoh, gamer yang hanya memilih main sebentar dengan gamer yang menghabiskan waktu beberapa jam tentu saja berbeda. Ada juga jenis pemain game yang menghabiskan waktu demi menjuarai kompetisi daripada sekedar menyalurkan hobi.

Lantas apa saja tipe gamer yang umumnya ditemui? Apa saja ciri-cirinya dan bagaimana mereka menghabiskan waktu untuk memainkan game favorit mereka?


6 Tipe
Gamer yang Sering Ditemui

Setidaknya terdapat enam tipe pemain game yang sering kita temui di dunia gaming. Dari enam tipe berikut ini, manakah yang paling mencerminkan kebiasaan gaming Kamu?

  • Hardcore Gamer
    Tidak sedikit orang yang beranggapan bahwa gamer itu antisosial dan kerjaannya nongkrong di depan monitor selama berjam-jam hanya untuk membasmi musuh dan mendapatkan berbagai reward yang ada dalam game tersebut. Tipe gamer seperti ini bisa disebut sebagai hardcore gamer. Mereka mendedikasikan waktunya hanya untuk main game. Bisa dibilang bermain game itu seperti bernafas bagi mereka. Bayangkan saja, hardcore gamer bisa duduk hingga berjam-jam di depan monitor setiap harinya. Bahkan mereka mengatur jadwal tersendiri untuk bermain game favorit mereka.

    Selain itu, tipe gamer ini juga selalu up to date dengan berita game terkini. Mereka juga bersemangat untuk melakukan beta test dari game yang akan diluncurkan. Hardcore gamer tidak segan menghabiskan uang untuk upgrade perlengkapan gaming atau membeli game baru. Bila Kamu mendedikasikan kebanyakan waktu untuk game dan selalu update dengan informasi terkini soal game, berarti Kamu termasuk tipe hardcore, ya!

  • Tryhard Gamer
    Tipe  gamer satu ini biasanya melakukan berbagai analisa terlebih dahulu sebelum bergerak. Bagi mereka, setiap waktu dan peluang perlu diperhitungkan dengan teliti bukan hanya asal menyerang dan beraksi melawan musuh. Intinya, tryhard gamer selalu memperhitungkan setiap keputusan yang akan mereka ambil. Mereka juga berupaya menganalisa setiap taktik untuk mengalahkan musuh, mencari rahasia tersembunyi dalam game, atau mencari easter egg lainnya yang mungkin terdapat dalam game yang mereka mainkan.  

  • Cheater Gamer
    Tipe ini sebenarnya ingin menikmati keseruan bermain game. Tetapi, karena skill-nya kurang dan tidak sabar untuk melewati level yang sulit, mereka akan mengambil solusi terakhir yaitu dengan cheat atau bermain curang. Dengan menerapkan kode cheat pada game, tipe gamer ini mampu meningkatkan skill karakter secara drastis dan memunculkan berbagai bala bantuan yang dapat membuat mereka memenangkan permainan. Bagi sebagian orang, menggunakan kode cheat itu akan mengurangi keseruan permainan. Tetapi, hal ini wajar dilakukan bila Kamu malah dibuat stres dan menghabiskan banyak waktu untuk menyelesaikan satu level saja. Jadi, apakah Kamu tipe cheater gamer?

  • Casual Gamer
    Tipe gamer ini tidak terobsesi dengan bermain game. Mereka memainkan suatu game untuk mengisi waktu luang atau sebagai selingan saja. Tipe ini juga tidak menanggapi game dengan serius dan tidak segan untuk meninggalkan game tersebut jika sudah mulai bosan. Kalau Kamu casual gamer, pilihan game yang dijatuhkan biasanya tidak begitu memerlukan skill dan komitmen tinggi. Casual gamer juga cenderung santai dan tidak terbawa emosi ketika kalah main.  

  • Professional Gamer
    Nah untuk tipe gamer yang satu ini mudah ditemui dan semakin menjamur. Sebenarnya, professional gamer tidak jauh berbeda dari hardcore gamer. Hanya saja, tipe ini menjadikan game sebagai ladang cuan mereka. Professional gamer juga dikenal sebagai atlet eSports atau atlet game. Disebut sebagai atlet karena game yang mereka geluti bersifat kompetitif dan termasuk dalam kategori eSports.

    Seperti atlet lainnya, professional gamer juga perlu mengasah skill mereka agar tetap jago dan selalu menduduki peringkat teratas dalam suatu permainan. Mereka juga perlu berlatih membuat strategi dan kerjasama tim. Latihan ini akan semakin gencar dilakukan ketika turnamen eSports akan digelar.

  • Old – School Gamer
    Bisa dibilang tipe gamer ini memiliki selera yang anti mainstream atau berbeda dari kebanyakan gamer lainnya. Bila tipe pemain lain lebih suka game yang sedang tren dengan tampilan grafis yang ciamik serta  jalan cerita yang menarik, old – school gamer memiliki selera retro alias penyuka game jadul. Karena itulah tipe pemain game ini lebih memilih konsol game zaman dulu seperti Atari atau NES daripada game konsol kekinian seperti Xbox atau Playstation.


Apa pun Tipe
Gamer Kamu, Sensasi Main Game Makin Seru dengan Berlangganan Paket Gamer dari IndiHome

Itulah beberapa tipe pemain game yang banyak dikenal di dunia gaming. Dari tipe-tipe di atas, Kamu termasuk tipe gamer yang mana nih? Apa pun itu, bermain game akan semakin seru jika didukung oleh jaringan internet cepat dan stabil. Itu sebabnya, Kamu perlu berlangganan Paket Gamer dari IndiHome agar keseruan main game tidak terganggu oleh jaringan lemot. Bermain game jadi semakin seru di jaringan anti lelet dan stabil IndiHome dengan kecepatan hingga 100 Mbps. Selain itu, berlangganan Paket Gamer dari IndiHome juga memungkinkan Kamu untuk mendapatkan beragam benefit, seperti:

  • Exclusive Items; bertualang di dunia game menggunakan item khusus yang tidak bisa didapatkan dari sumber lain
  • High Speed Internet; kecepatan internet tinggi dan unlimited 
  • Free Play Game; bebas bertualang di berbagai game favoritmu
  • Free Gifts; dapatkan berbagai hadiah menarik untuk setiap game
  • Free Gamepad; gamepad gratis untuk menambah keseruan main game
  • Bebas Akses GameQoo;  nikmati akses ke 140+ game streaming canggih berlisensi dengan teknologi cloud gaming yang bisa dimainkan sepuasnya di  mana saja

Dengan biaya berlangganan mulai dari Rp300.000-an per bulan, Kamu bisa menikmati berbagai benefit di atas untuk menambah keseruan main game favorit. Jadi, tunggu apa lagi? Yuk, langganan Paket Gamer dari IndiHome sekarang juga!