6 Manfaat Journaling Bagi Kesehatan Mental | IndiHome
8 AUG 2022        BLOG

6 Manfaat Journaling Bagi Kesehatan Mental

Journaling merupakan aktivitas menuangkan perasaan, pikiran, emosi, dan sudut pandang pribadi yang dialami oleh seseorang dalam kehidupan sehari-hari. Penyampaiannya bisa dalam bentuk tulisan atau ilustrasi gambar. Aktivitas ini juga dianggap ampuh untuk memproses emosi dan pikiran yang cukup kompleks. Dengan begitu, orang-orang yang melakukan journaling bisa berpikir lebih positif. Hal inilah yang membuat journaling ternyata memiliki dampak baik bagi kesehatan mental.

Masyarakat Indonesia sendiri sudah memahami pentingnya menjaga kesehatan mental. Journaling menjadi salah satu cara yang dapat dilakukan. Terlebih lagi jika Anda memiliki aktivitas yang cukup padat yang dapat memicu stres. Tidak ada salahnya untuk melakukan aktivitas ini.


Apa Saja Manfaat
Journaling Bagi Kesehatan Mental?

Belakangan ini tren journaling semakin marak. Selain karena menyenangkan, aktivitas ini juga mampu untuk menjaga kondisi mental. Berikut ini beberapa manfaat journaling bagi kesehatan mental:

  • Mampu Mengekspresikan Perasaan
    Apakah Anda sering bingung dalam mengekspresikan perasaan? Apakah Anda tidak mengerti dengan apa yang tengah dirasakan? Jika iya, mulailah journaling. Melalui kegiatan ini, Anda dapat mengekspresikan perasaan dengan cara yang aman dan sehat bagi mental. Sebagai permulaan, coba tuliskan atau gambarkan perasaan yang tengah Anda alami, baik positif maupun negatif.

    Tidak perlu menutupi atau berpura-pura menyembunyikan emosi lagi karena Anda bebas mengekspresikan diri. Bila dibiasakan, pada akhirnya Anda mampu menganalisa jenis perasaan yang timbul. Tentunya ini berdampak baik bagi kesehatan mental Anda.

  • Bantu Kendalikan Emosi
    Dengan journaling, Anda bisa menyadari perubahan emosi yang dirasakan. Ketika mengenalinya, Anda akan mampu mengendalikan emosi tersebut. Hal ini didukung oleh berbagai penelitian yang mengungkap bahwa seseorang yang menuliskan perasaannya cenderung mampu mengendalikan emosi dengan baik.
     
  • Kenali Diri Sendiri
    Terkadang kita merasa hilang arah dan tidak semangat dalam menjalankan aktivitas sehari-hari. Ini bisa jadi tanda bahwa Anda sedang berada dalam titik jenuh, atau bisa juga Anda belum mengenal diri sendiri dengan baik.  Journaling merupakan media untuk membantu Anda dalam mengenal diri lebih baik. Anda dapat mempelajari aktivitas yang sering dilakukan, apa saja hobi dan cita-cita Anda, serta hal-hal yang paling tidak Anda sukai.
     
  • Kurangi Kecemasan dan Stres
    Terlalu banyak tekanan akan mempengaruhi kesehatan mental. Pada akhirnya Anda mudah merasa stres dan cemas. Namun, dengan melakukan aktivitas positif seperti journaling, pikiran Anda akan lebih rileks dan rasa cemas pun dapat diredakan. Hal ini dikarenakan Anda mampu mengekspresikan apa yang dirasakan tanpa perlu ditutupi lagi.

    Melansir dari Dokter Sehat, sebuah penelitian membuktikan bahwa aktivitas seperti menuliskan perasaannya selama 15 menit dalam periode 12 minggu dapat menurunkan gejala depresi. Selain itu, kesehatan mental pun terus meningkat bila kegiatan tersebut rutin dilakukan.
     

  • Ciptakan Kesadaran
    Seperti yang dijelaskan sebelumnya bahwa journaling dapat membantu Anda dalam mengenali berbagai bentuk emosi yang muncul. Ini juga membantu Anda dalam menciptakan kesadaran terkait apa yang perlu dilakukan. Bukan hanya sekedar mengenali dan mengendalikan, emosi tersebut perlu ditangani. Dengan begitu, Anda akan paham bagaimana cara menanganinya agar lebih terkendali.

  • Bantu Percepat Penyembuhan Fisik
    Sebuah penelitian di New Zealand membuktikan bahwa manfaat journaling lainnya adalah dapat membantu penyembuhan fisik. Melalui penelitian tersebut, diketahui sejumlah 49 orang dewasa yang berpartisipasi dalam menuliskan perasaannya selama 20 menit lebih cepat melalui proses penyembuhan. Hasil ini lebih signifikan dibandingkan partisipan yang hanya menuliskan kegiatan sehari-hari saja.

Perhatikan Hal Ini Saat Journaling
Berminat untuk melakukan journaling setelah mengetahui manfaatnya bagi kesehatan mental? Jika iya, yuk perhatikan dulu hal-hal berikut ini:

  • Tentukan metode yang paling disukai, apakah menggambar, menulis, atau mengetik.
  • Lakukan secara rutin atau saat diperlukan, bisa di pagi atau malam hari sebelum tidur.
  • Tidak perlu terpaku pada pilihan kata, ejaan, struktur kalimat, dan teknik penulisan lainnya agar Anda lebih bebas mengekspresikan diri.
  • Buat journaling semakin menyenangkan dengan menambahkan sticker, emoji, doodle, karakter, atau unsur-unsur dekoratif lainnya.
  • Mulailah dengan menuliskan hal-hal yang Anda syukuri di hari itu untuk mengembangkan sisi positif.


Temukan Tips Menjaga Kesehatan Mental Lainnya dengan Berlangganan Paket IndiHome (Dengan Akses Disney+ Hotstar)

Selain journaling, ada beragam teknik lain yang bisa Anda lakukan untuk menjaga kesehatan mental. Misalnya dengan mencari informasi inspiratif melalui internet atau menonton tayangan favorit di platform streaming saat sedang jenuh. Namun, pastikan dulu semua aktivitas ini didukung oleh koneksi internet yang cepat dan stabil.

Untuk mendukung aktivitas digital, Anda bisa berlangganan Paket IndiHome (Dengan Akses Disney+ Hotstar). Nikmati kecepatan internet hingga 300 Mbps serta benefit lainnya berupa bebas nonton tayangan favorit dari ratusan channel TV unggulan, bonus nelpon di jaringan lokal/interlokal hingga 100 menit, serta cashback LinkAja Rp150.000.

Paket IndiHome (Dengan Akses Disney+ Hotstar) tersedia dalam tiga pilihan paket, yaitu Paket 2P (Internet + Phone), Paket 2P (Internet + TV), dan Paket 3P (Internet + TV + Phone). Ketiga pilihan paket tersebut hadir dengan beragam kecepatan internet yang bisa dipilih sesuai kebutuhan. Oh ya, Anda juga akan mendapatkan diskon Biaya Pasang Baru (PSB) sebesar 50%, lho!

Dengan biaya berlangganan mulai dari Rp200.000-an saja per bulannya, Anda bisa menikmati berbagai benefit lengkap untuk menghilangkan penat.