5 Tindakan yang Harus Dilakukan Orang Tua Jika Anak Mengalami Perundungan | IndiHome
21 APR 2022        BLOG

5 Tindakan yang Harus Dilakukan Orang Tua Jika Anak Mengalami Perundungan

Tindakan bullying atau perundungan pada anak kerap kali terjadi tanpa diketahui oleh orang tua. Padahal, tindakan tersebut memiliki dampak negatif terhadap masa tumbuh kembang anak-anak. Untuk itu, orang tua harus tahu langkah yang perlu dilakukan ketika anak mengalami bullying.

Ketidaktahuan orang tua akan bullying pada anak memang bukan tanpa sebab. Pasalnya, banyak anak yang enggan terbuka mengenai kejadian tersebut kepada orang dewasa karena malu dan sebagian lainnya takut mendapat penindasan yang lebih parah lagi.

Untuk itu, sebagai orang tua, Anda harus peka terhadap anak yang mengalami perundungan. Jika hal tersebut benar terjadi pada anak Anda, cobalah bersikap tenang dan lakukan beberapa tindakan seperti di bawah ini.

  • Dengarkan dan Beri Kenyamanan pada Anak
    Jika Anda mengetahui anak telah menjadi korban bullying, maka Anda tidak perlu panik. Rasa panik yang Anda keluarkan justru akan membuat anak semakin takut untuk bercerita dan tak akan percaya kepada Anda. 
  • Beri Pujian Karena Berani Bicara
    Setelah Anda mendapatkan hatinya, biarkan anak menceritakan kepada Anda segala yang ia alami dan takuti. Kemudian, beri dia pujian akan keberaniannya menceritakan hal tersebut agar ia bisa lebih percaya pada Anda.
  • Ajarkan Anak Berani Bertindak
    Selanjutnya, ajarkan anak untuk berani bertindak atas hal yang terjadi pada dirinya. Mengajarkan untuk berani bertindak bukan berarti mengarah ke hal yang negatif, tetapi untuk melindungi diri, misalnya dengan menangkis tindakan yang mengarah ke fisik dan melaporkan langsung kepada guru atau orang dewasa.
  • Minta Anak Anda untuk Memilih Teman
    Anda sebagai orang tua juga bisa meminta anak untuk memilih teman untuk bergaul. Pastikan bahwa temannya memiliki perilaku yang baik dan tidak melakukan bullying secara fisik atau verbal.
  • Beritahu Pihak Sekolah dan Orang Tua Pelaku Bullying
    Ketika Anda sudah mengetahui semua peristiwa bullying yang menimpa anak Anda, segera laporkan hal ini kepada pihak sekolah dan orang tua pelaku. Dengan begitu, diharapkan kasus bullying tidak akan menimpa anak Anda kembali atau pun anak lainnya di sekolah.

Perilaku bullying merupakan hal yang tercela dan harus dihentikan bersama-sama. Ada banyak dampak negatif yang terjadi pada korban bullying, seperti tidak percaya diri hingga berujung pada kasus bunuh diri.


Cari dan Sebarkan Informasi Seputar Dampak
Bullying serta Cara Menghentikannya dengan Paket IndiHome (Dengan Akses Disney+ Hotstar)

Perilaku bullying tentu tidak diharapkan terjadi pada siapa pun. Anda bisa mendukung untuk menghentikan perilaku tersebut dengan menyebarkan informasi terkait perilaku bullying, dampak, serta cara menghentikannya melalui sosial media.

Untuk itu, penting bagi Anda memiliki internet yang cepat seperti yang dimiliki oleh Paket IndiHome (Dengan Akses Disney+ Hotstar), yang memiliki kecepatan hingga 300 Mbps dengan biaya berlangganan mulai dari Rp200.000-an saja per bulannya. Paket IndiHome (Dengan Akses Disney+ Hotstar) hadir dalam tiga pilihan paket internet, yakni 3P (Internet + TV + Phone), 2P (Internet + TV), dan 2P (Internet + Phone).

Selain internetan di jaringan stabil dari IndiHome, Anda juga akan mendapatkan berbagai benefit, di antaranya:

  • Bonus nelpon lokal/interlokal hingga 100 menit  
  • Bebas akses berbagai tayangan menarik dari 107 channel TV berkualitas
  • Bonus 57 channel TV selama 3 bulan
  • Cashback LinkAja sebesar Rp100.000
  • Bebas akses Disney+ Hotstar

Maksimalkan jaringan internet stabil dari IndiHome untuk menghentikan tindakan perundungan dengan menyebarkan informasi terkait perilaku bullying, dampak, dan cara menghentikannya.