5 Cara Menghargai Jasa Pahlawan di Lingkungan Sekolah | IndiHome
4 NOV 2022        BLOG

5 Cara Menghargai Jasa Pahlawan di Lingkungan Sekolah

5 Cara Menghargai Jasa Pahlawan di Lingkungan Sekolah

Menghargai jasa pahlawan di lingkungan sekolah merupakan penerapan nilai-nilai kebangsaan sejak dini. Maksudnya agar para generasi muda tidak mudah melupakan jasa perjuangan pahlawan dalam usaha kemerdekaan Indonesia. Cara menghargai jasa pahlawan di lingkungan sekolah juga cukup mudah dilakukan dan tentunya tidak memberatkan para pelajar.


Menghargai Jasa Pahlawan di Lingkungan Sekolah

Generasi muda perlu pemahaman bahwa jasa para pahlawan juga sudah termasuk dalam sendi pendidikan. Karena dahulu masyarakat Indonesia tidak diberikan kebebasan untuk mengemban pendidikan.

Berbanding terbalik dengan zaman sekarang di mana semua orang lebih leluasa dalam mengemban pendidikan di mana pun mereka mau. Hal ini tentunya merupakan buah atas jasa-jasa para pahlawan yang sudah memerdekakan ibu pertiwi dari para penjajah.

Kamu sendiri bisa memulainya dengan menerapkan lima cara menghargai jasa pahlawan di lingkungan sekolah berikut ini:

  • Hargai Guru

    Guru adalah pahlawan tanpa tanda jasa. Perlu di ingat juga bahwa guru merupakan orang tua kedua Kamu di sekolah. Itulah mengapa para siswa di sekolah perlu mengapresiasi dan menghormati guru, baik dalam kegiatan belajar mengajar maupun di luar lingkungan sekolah.

    Hargai guru dengan cara memperhatikan pelajaran yang diterangkan, membantu ketika dalam kesulitan, atau memberikan masukan yang bisa mendukung kegiatan mengajar.

  • Saling Menghargai Satu Sama Lain

    Selain menghormati guru, cara menghargai jasa pahlawan di lingkungan sekolah juga bisa dilakukan dengan menghargai individu lainnya. Mulai dari teman sebaya, kakak atau adik tingkat sampai staf pekerja di sekolah.

    Jangan pernah membeda-bedakan apalagi menciptakan pertikaian dengan satu sama lain. Perilaku ini tentu akan menciptakan generasi muda yang lebih harmonis dan berjiwa sosial tinggi.

  • Turut Memperingati Peristiwa Penting di Sekolah

    Memperingati peristiwa penting sering dilangsungkan di banyak sekolah. Seperti mengadakan upacara peringatan Hari Kemerdekaan, upacara bendera tiap hari Senin, dan mengadakan berbagai macam lomba untuk memicu semangat para siswa.

    Ada juga beberapa peristiwa penting lain misalnya Hari Pahlawan yang diperingati setiap 10 November serta Hari Kesaktian Pancasila. Peristiwa penting itu juga harus dipelajari sejarahnya oleh para generasi muda untuk meningkatkan jiwa nasionalisme.
     

  • Terapkan Pancasila dan Aturan Negara

    Hal paling penting dalam menghargai jasa pahlawan yaitu menerapkan Pancasila sebagai dasar negara. Masih ingat, kan, bagaimana para pahlawan berjuang untuk menegakkan Pancasila sebagai ideologi di negara ini? Bahkan, banyak pahlawan yang berguguran demi mewujudkan asa tersebut.  

    Dalam hal ini, cara menghargai jasa pahlawan di lingkungan sekolah bisa dilakukan dengan rajin beribadah, menghargai sesama tanpa memandang agama, ras, dan suku, serta melaksanakan musyawarah demi tercapainya tujuan bersama.
     

  • Rajin Belajar

    Sejak lepas dari penjajahan, masyarakat Indonesia bisa menikmati haknya yang sempat direnggut dulu, terutama dalam ranah pendidikan. Untuk mensyukuri karunia ini, Kamu haruslah giat belajar sebagai cara menghargai jasa pahlawan di lingkungan sekolah. 


Makin Rajin Belajar dengan Berlangganan Paket Khusus Pelajar, Pengajar, dan Jurnalis

Sebagai pelajar, tidak sulit untuk menerapkan cara menghargai jasa pahlawan di lingkungan sekolah di atas. Saling menghargai, menghormati guru, dan rajin belajar merupakan perwujudan atas rasa syukur bagi para pahlawan yang telah berjuang untuk memerdekakan tanah air.

Namun, tidak jarang aktivitas sebagai pelajar terhambat karena fasilitas yang tidak memadai. Salah satunya akibat jaringan internet yang lemot dan tak stabil. Padahal internet sangatlah penting untuk mendukung kegiatan belajar Kamu, kan? Makanya, IndiHome menghadirkan solusi internet super ngebut melalui Paket Khusus Pelajar, Pengajar, dan Jurnalis.

Nikmati internetan cepat dan stabil hingga 30 Mbps yang akan membuka akses pada berbagai konten edukatif menarik untuk memperluas wawasan Kamu. Jangan lewatkan juga berbagai benefit menarik lain seperti gratis telepon, bebas akses aplikasi Pijar Belajar, plus nonton tayangan edukatif dan inspiratif di puluhan channel TV pilihan sepuasnya.

Paket Khusus Pelajar, Pengajar, dan Jurnalis dari IndiHome hadir dalam dua opsi berikut:

  • Paket 2P (Internet + Phone)
    Nikmati internetan di jaringan super ngebut IndiHome berkecepatan 20 Mbps - 30 Mbps dengan biaya berlangganan mulai dari Rp255.000 per bulan. Terdapat juga benefit lainnya berupa gratis nelpon lokal/interlokal hingga 50 menit serta bebas akses konten edukatif sepuasnya melalui aplikasi Pijar Belajar.

  • Paket 3P (Internet + TV + Phone)
    Saatnya internetan di jaringan anti lelet IndiHome berkecepatan 20 Mbps - 30 Mbps dengan biaya berlangganan mulai dari Rp300.000 per bulan. Selain itu, Kamu juga akan mendapatkan akses sepuasnya ke aplikasi Pijar Belajar yang berisi beragam konten edukatif dan inspiratif.

    Jangan lewatkan juga benefit lain yang bisa Kamu nikmati seperti gratis nelpon lokal/interlokal hingga 50 menit dan tontonan menarik di puluhan channel TV unggulan untuk memperkaya wawasan Kamu.

Yuk, langganan Paket Khusus Pelajar, Pengajar, dan Jurnalis dari IndiHome sekarang juga agar aktivitas belajar semakin menyenangkan dan bebas hambatan!